Find Us On Social Media :

Ramadan 2023 Tinggal Menghitung Hari, Ingat Lagi Keutamaan 10 Hari Pertama Puasa Ini!

By Devi Agustiana, Minggu, 19 Maret 2023 | 10:30 WIB

Keutamaan 10 hari pertama puasa Ramadan 2023, banyak rahmat dan pahala.

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID - Tidak lama lagi, Umat Muslim akan menyambut Bulan Ramadan 2023.

Dalam hadits riwayat Baihaqi, Rasulullah SAW bersabda: “Adalah bulan Ramadan, awalnya rahmat, pertengahannya ampunan, dan akhirnya pembebasan dari api neraka” (HR. Baihaqi).

Mengutip laman Kompas.tv, adapun hadits yang sering disampaikan para ulama di awal Ramadan itu, menjelaskan tentang keutamaan menjalankan ibadah puasa yang di dalamnya ada salat tarawih, tadarus, lainnya.

Nah, keutamaan itu terbagi menjadi tiga, awal artinya 10 hari pertama, pertengahan yaitu hari ke-11 sampai 20, kemudian akhir yakni hari ke-21 sampai 30.

Dalam 10 hari pertama Ramadan, memiliki keutamaan berupa rahmat serta limpahan pahala dari segala amalan baik yang dilakukan selama Ramadan.

Sebab pada fase itu, menjadi fase yang terberat dan tersulit, orang yang berpuasa mengalami peralihan dan adaptasi dari bulan sebelumnya ke bulan puasa.

Pola makan orang puasa berubah dari normal menjadi harus menahan lapar dan haus, sejak awal subuh hingga terbenamnya matahari.

Tidak hanya tubuh, pada masa fase 10 hari pertama di bulan Ramadan, pikiran kita juga tengah berusaha beradaptasi dengan penuh kesabaran dan keikhlasan untuk menunaikan ibadah puasa.

Baca Juga: Dibaca Saat 1 Ramadan 2023, Ini Doa Hari Pertama Puasa Lengkap dengan Arab Latin dan Artinya

Oleh karena itu, pada 10 hari pertama di awal Ramadan, Allah SWT memberikan keistimewaan dengan dibukakan pintu rahmat yang sebesar-besarnya.

Mengenai hari pertama puasa atau penetapan 1 Ramadan, Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadhan 1444 Hijriah jatuh pada Kamis (23/3/2023).