Find Us On Social Media :

Ajang #CantikPreneurship Capai Puncaknya, Ini Dia 3 Perempuan Pelaku UMKM yang Jadi Jagoan Lokal

By Yussy Maulia, Kamis, 23 Maret 2023 | 16:24 WIB

Ketiga juara #CantikPreneurship “SPF Mencari Jagoan Lokal Cantik” bersama CEO KG Media Andi Budiman dan founder J99 Corp, Gilang Widya Pramana.

Grid.ID–Sejak Rabu (9/2/2023) Sekar Pelangi Foundation (SPF) di bawah naungan J99 Corp bersama KG Media telahmenyelenggarakan program #CantikPreneurship “SPF Mencari Jagoan Lokal Cantik”. Program tersebut menggandeng perempuan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk diberdayakan sehingga dapat mengembangkan (scale-up) bisnisnya.

Sebanyak 900 perempuan pelaku UMKM mendaftarkan usahanya dalam program tersebut. Usaha yang dijalani pun beragam, mulai dari kecantikan, fesyen, kriya, hingga kuliner. Dari total 900 pendaftar, SPF dan KG Media memilih 30 perempuan pelaku UMKM untuk mengikuti bootcamp

Bootcamp tersebut diisi dengan materi pengembangan penjualan (sales treatment), pengembangan profit (profit treatment), dan pengembangan diri (fearless treatment), yang apabila disingkat menjadi SPF Treatment.

Setelah mengerjakan sejumlah assignment, Sekar Pelangi Foundation dan KG Media pun menyaring kembali peserta bootcamp. Sebanyak 12 perempuan pelaku UMKM menjadi finalis untuk dipilih sebagai pemenang  #CantikPreneurship “SPF MencariJagoanLokalCantik”.

Pada Rabu (15/3/2023), program #CantikPreneurship “SPF Mencari Jagoan Lokal Cantik” mencapai puncaknya. Pemilihan pemenang dilakukan di Studio 1 Kompas TV, Jakarta. Keduabelas finalis hadir untuk memaparkan proposal bisnisnya, penerapan “treatment” yang dipilih, hasil yang dicapai, hingga visi pengembangan bisnis.

Adapun, juri yang hadir untuk menilai presentasi mereka adalah para mentor bootcamp, yakni co-founder Krealogi Hanna Keraf, co-founder Ladang Lima AnnisaPratiwi, dan founder Womanpreneur Community Irma Sustika.

Gilang Widya Pramana sebagai founder J99 Corp juga hadir sebagai juri mewakili sang istri, founder Sekar Pelangi Foundation, Shandy Purnamasari.

“Peran perempuan sungguh besar dalam masyarakat. Kami ingin perempuan Indonesia berdaya serta memiliki rasa percaya diri dan yakin bahwa perempuan terlahir menjadi hebat. Saya ucapkan selamat kepada para finalis. Kalian hebat dan luar biasa karena berhasil unggul dari ratusan peserta,” kata Gilang dalam kata sambutannya.

Baca Juga: 57 UMKM Terbaik Kota Solo Penuhi Festival Kuliner Adeging Pura Mangkunegaran, Berapa Biaya Masuknya?

Setelah sesi presentasi dan Tanya jawab yang cukup intens, terpilih tiga Jagoan Lokal Cantik dari program  #CantikPreneurship “SPF Mencari Jagoan Lokal Cantik”.  Juara 1 dimenangkan oleh Eka Mutia Komala, founder Aulian Kreasi Gemilang.

Aulian Kreasi Gemilang merupakan produsen dan distributor mainan serta peraga edukatif bagi anak-anak. UMKM asal Bandar Lampung tersebut sudah memiliki tujuh titik distribusi di tujuh provinsi dan 25 agen penjualan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Aulian Kreasi Gemilang juga bekerjasama dengan dinas pendidikan untuk menyediakan mainan edukatif  di lembaga-lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD).