Find Us On Social Media :

Ingin Mudik Gratis Naik Kereta Api? Kuota dari Program 'Motis' Kemenhub Masih Tersedia Nih, Simak Syarat dan Cara Daftarnya

By Grid., Sabtu, 25 Maret 2023 | 19:09 WIB

Ilustrasi Kereta Api

Grid.ID - Mudik gratis 2023 jadi momen yang banyak ditunggu selama bulan Ramadan, tepatnya sebelum Lebaran tiba.

Oleh sebab itu, adanya program mudik gratis 2023 bertajuk Program Angkut Motor Gratis atau Motis dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memiliki banyak peminat.

Jangan khawatir tak kebagian, kuota Mudik gratis 2023 dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Motis, masih tersedia.

Direktur Lalu Lintas Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Djarot Tri Wardhono menjelaskan, sejak dibuka pada 1 Maret 2023 lalu, total pendaftar saat ini sebanyak 3.094 penumpang dan 1.994 motor.

Padahal, program angkutan sepeda motor gratis dengan kereta api ini menyediakan kapasitas hingga lebih dari 46 ribu penumpang dan lebih dari 10 ribu unit sepeda motor.

Djarot mengungkapkan, terdapat tiga hal baru dari mudik gratis dengan moda kereta api tahun ini.

Pertama, motor dan penumpang akan diangkut dengan kereta api yang sama, yakni Kereta AC Ekonomi. Kedua, penerapan harga tiket yang relatif murah, berkisar antara Rp 10.000-Rp 20.000 bagi penumpang sesuai jarak lintasan.

Ketiga, terdapat tambahan lintasan baru, yaitu lintas Cilegon-Semarang Tawang atau lintas utara. "Sebelumnya, hanya ada dua lintasan yaitu lintas tengah (Jakarta Gudang-Purwosari) dan lintas selatan (Kiaracondong-Purwosari)," ujar Djarot dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (25/3/2023).

Berikut informasi syarat, cara daftar, serta rute Motis 2023:

Syarat dan ketentuan mudik gratis 2023:

Dikutip dari laman resmi, berikut sejumlah syarat yang harus dipenuhi masyarakat sebelum mendaftar Motis tahun ini:

Cara daftar mudik kereta api 2023: