Find Us On Social Media :

Bunga Es dalam Freezer Mengganggu? Begini Cara Mudah Mencairkannya

By Grid., Senin, 3 April 2023 | 11:09 WIB

Ilustrasi bunga es pada kulkas

Grid.ID - Pemilik kulkas atau lemari pendingin pasti tak asing dengan istilah bunga es di freezer.

Munculnya bunga es tentu saja normal.

Namun jika terlalu tebal hingga menutupi seluruh permukaan freezer, tandanya kita perlu segera mencairkan bunga es tersebut.

Namun, apakah ada manfaat lain dari mencairkan bunga es freezer? Jawabannya, ada.

Mencairkan bunga es freezer memiliki banyak manfaat.

Menurut Direktur Eksekutif dari manajemen produk lemari es di GE Appliances Trent Jacobi, mencairkan bunga es freezer memiliki manfaat berikut:

Membuat freezer menjadi lowong Menghilangkan bau tidak sedap Membuat freezer bekerja lebih baik.

Sementara itu, jika kita tidak mencairkan bunga es, sistem freezer bisa rusak akibat embun beku atau es yang menutupi ventilasi udara dan sensor suhu, yang menurut brand manager perusahaan produk dapur Whirlpool, Bree Lemmen, akan membuat freezer bekerja lebih keras.

Terlebih lagi, bunga es itu juga akan menghabiskan tempat yang seharusnya kita gunakan untuk menyimpan persediaan makanan siap makan.

Untuk itu, Lemmen pun menyarankan agar kita mencairkan bunga es freezer setidaknya setiap satu tahun sekali, sementara Jacobi memiliki pendapat lain.

"Sebaiknya segera cairkan bunga es freezer setelah tumpukan es setebal 0,6cm atau telah lebih dari enam bulan,” ujar dia.

Lemmen pun mengatakan, terkadang kita tetap harus mencairkan bunga es sendiri meski freezer telah memiliki fungsi pencairan otomatis.