Find Us On Social Media :

Bacaan Doa Qunut Salat Witir, Dibaca di 15 Hari Terakhir di Bulan Ramadan 2023

By Ragillita Desyaningrum, Selasa, 4 April 2023 | 16:21 WIB

Ramadan 2023- Inilah doa Qunut salat witir yang dibaca saat i'tidal atau sebelum sujud.

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.ID - Tak terasa, bulan Ramadan 2023 telah berjalan hampir setengahnya.

Memasuki separuh akhir bulan Ramadan, ada beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan.

Salah satunya adalah membaca doa Qunut saat menjalani salat sunah witir.

Melansir KompasTV, Imam al-Baihaqi dalam Ma’rifatus Sunan wal Atsar menegaskan bahwa Imam asy-Syafi’i menganjurkan pembacaan doa Qunut pada rakaat terakhir salat witir setelah Tarawih.

Hal ini juga dikonfirmasi oleh Imam an-Nawawi dalam al-Adzkar, bahwa ulama kalangan madzhab Syafi’i menganjurkan pembacaan doa Qunut saat witir dilakukan di separuh terakhir bulan Ramadan.

Dalam buku Fiqih Sunnah jilid I karya Sayyid Sabiq, sebuah riwayat dari Abu Dawud bahwa Umar bin Khatab mengumpulkan umat muslim untuk mengerjakan salat yang bermakmum kepada Ubai bin Ka'ab.

Ubai mengerjakan salat bersama mereka selama dua puluh malam tanpa membaca doa Qunut, kecuali pada separuh terakhir bulan Ramadan.

Hal ini juga pernah diriwayatkan oleh Muhammad bin Nashr, bahwa dirinya bertanya kepada Saad bin Jubair berkata "Pada waktu ketika Umar bin Khatab mengutus pasukan muslimin. Pasukan itu dalam kondisi yang sulit hingga Umar merasa khawatir. Umar membaca doa Qunut pada separuh waktu yang terakhir bulan Ramadan."

Doa ini dibacakan saat salat witir yaitu setelah ruku atau pada saat i'tidal sebelum melakukan sujud.

Berikut adalah doa Qunut salat witir yang dikutip dari TribunJatim.com.

Baca Juga: Jomblo Wajib Tahu, Inilah Doa dan Amalan untuk Mendatangkan Jodoh di Bulan Ramadan 2023, Insya Allah Mujarab!