Find Us On Social Media :

Kado Spesial untuk Hari Autisme! Kini Ada Buku Cerita Anak Bergambar Tentang Autisme

By Dianita Anggraeni, Selasa, 4 April 2023 | 15:50 WIB

Autisme

Grid.ID - Hari Autisme Sedunia, merupakan hari yang diperingati setiap tahunnya pada 2 April, untuk meningkatkan kesadaran, pengertian dan penerimaan masyarakat akan keadaan orang dengan Autisme. 

Setiap tahun momen ini menjadi kesempatan untuk mewujudkan lingkungan keluarga, pendidikan, kesehatan, kerja dan sosial atau komunitas yang lebih ramah Autisme. 

Saat ini WHO memperkirakan 1 dari 160 anak memiliki Autisme. 

Di Amerika sekitar 1 dari 36 anak memiliki Autisme. 

Baca Juga: Program ‘Semarak Satria’ Kompas TV Balik Lagi, Harapkan Masyarakat Bisa Lebih Dekat dengan TNI

Di Indonesia sendiri, meskipun belum ada data yang pasti, diperkirakan terdapat 2.4 juta orang yang memiliki Autisme.

WHO menyatakan, semua orang dengan spektrum Autisme memiliki hal untuk dapat mandiri, memiliki otonomi dan kebebasan memilih dalam hidupnya. 

Hak tersebut mencakup hak untuk mendapatkan penerimaan dan dukungan penuh sehingga dapat memiliki kesempatan pekerjaan yang setara dengan orang-orang neurotipikal.

Dalam rangka menyambut Hari Autisme yang diperingati setiap 2 April, Drisana Center dan Drisana Foundation meluncurkan buku cerita anak bergambar tentang Autisme berjudul ‘Kado Alma untuk Dila’. 

Baca Juga: Ibu Pukul Bocah 3,5 Tahun Pakai Gayung Sampai Tewas, Emosi karena Anaknya Main Sabun Cuci Piring

Kegiatan ini diharapkan akan meningkatkan, tidak hanya kesadaran, tapi juga penerimaan dan dukungan bagi anak dan keluarga dengan Autisme di Indonesia.