Find Us On Social Media :

10 Hari Terakhir Ramadan, Yuk Simak Tata Cara Salat Lailatul Qadar Beserta Niat dan Berbagai Amalan yang Bisa Kamu Kerjakan

By Grid., Selasa, 11 April 2023 | 14:50 WIB

ilustrasi Tata cara salat Lailatul Qadar beserta niat dan amalan-amalan yang bisa kamu lakukan di 10 hari terakhir Ramadan 2023 ini.

Grid.ID - Tak terasa, kita sudah memasuki 10 hari terakhir Ramadan 2023.

Itu artinya, kita siap menyambut malam Lailatul Qadar di 10 malam terakhir Ramadan 2023 ini.

Untuk itu, Grid.ID sudah menyiapkan tata cara salat Lailatul Qadar beserta niat dan amalan-amalan yang bisa kamu lakukan di 10 hari terakhir Ramadan 2023 ini.

Lailatul Qadar adalah satu malam yang penuh kemuliaan di bulan Ramadan.

Tidak ada yang tahu kapan datangnya malam Lailatul Qadar, namun malam Lailatul Qadar dipercaya datang pada 10 hari terakhir Ramadan.

"Pembahasan mengenai Lailatul Qadar tertera di surat Al-Qadr. Ayat ini memberikan pemahaman kepada kita, bahwa di dalam bulan Ramadhan, ada satu malam yang mulia, yang disebut malam Lailatul Qadar" ujar Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah, DR. H. Baidi di YouTube Tribunnews berjudul 'TANYA USTAZ: Apa itu Lailatul Qadar dan Apa Tanda-tandanya'.

Ia menambahkan, pahala yang diberikan kepada orang yang melaksanakan ibadah di malam Lailatul Qadar lebih baik dibanding seribu bulan atau kurang lebih 84 tahun.

Salat malam Lailatul Qadar adalah salah satu ibadah sunah di malam Lailatul Qadar yang dapat dilakukan setelah waktu shalat isya' hingga menjelang subuh.

Tata Cara Salat Malam Lailatul Qadar

Mengutip kitab Durratun Nashihin halaman 272, berikut adalah tata cara salat Lailatul Qadar:

Baca Juga: Doa Hari ke-14 Puasa Ramadan 2023 dan Malam ke-15 Salat Tarawih, Memohon Perlindungan dari Bencana dan Malapetaka

Salat malam Lailatul Qadar dilaksanakan sedikitnya 2 rakaat dengan 1 kali salam.