Find Us On Social Media :

Observasi di Alam, Begini Keseruan Siswa-Siswi SD Belajar Sambil Bermain di Kebun Raya Bali

By Grid., Selasa, 11 April 2023 | 16:15 WIB

Para siswa North Bali Bilingual School kunjungi Kebun Raya Bali guna mendapatkan pengalaman yang bermanfaat tentang alam.

Grid.ID – Berkunjung ke Kebun Raya “Eka Karya” Bali atau Kebun Raya Bedugul menjadi salah satu cara SD Dwi Bahasa North Bali Bilingual School untuk mengajak siswa/i kenal lebih dekat dengan berbagai macam flora dan juga fauna.

Menurut Putu Wika Putra selaku Kepala Sekolah Dasar Swasta Dwi Bahasa North Bali Bilingual School, kegiatan kunjungan ke Kebun Raya Bali dalam rangkaian pengenalan lingkungan sekitar ini dilakukan guna memberikan pengalaman yang bermanfaat bagi anak-anak didiknya dan dapat dijadikan kesempatan strategis untuk menambah pengetahuan tentang kebun raya secara umum dan mengkhusus di Kebun Raya Bali.

Kegiatan yang dilakukan pada tanggal 16 Maret 2023 yang lalu, diawali dengan kegiatan briefing perihal pengenalan awal terkait Kebun Raya Bali dan pengetahuan daerah konservasi oleh Tim Visitor Center Kebun Raya Bali, Argy Gumilar.

Setelah melakukan sesi tanya-jawab dalam rangka brainstorming, kegiatan pembelajaran sembari rekreasi ini dilanjutkan menuju Taman Anggrek dan Rumah Kaca Kaktus.

Sebagai langkah memberikan pengalaman nyata belajar di alam, siswa/i diajak untuk melihat secara langsung demo dasar berkebun atau menanam anggrek, yang dipandu langsung oleh Tim Holtikultura Penjaga Taman di Taman Anggrek.

Tidak hanya itu, siswa/i juga dipandu untuk melihat keindahan tanaman kaktus dan sukulen di Rumah Kaca Kaktus Kebun Raya Bali dengan luas 500m2 tersebut.

Antusias dari siswa/i SD Dwi Bahasa North Bali Bilingual School juga terlihat dari tingginya rasa keingintahuan anak-anak tersebut tentang keunikan tanaman anggrek dan kaktus, bagaimana cara dasar merawat dan mengembangbiakkan tanaman Anggrek yang baik.

Semua hasil dari sesi tanya-jawab dicatat sebagai arsip pembelajaran bagi mereka.

Tentu kegiatan positif ini sangat membantu proses pembelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) untuk tingkat sekolah dasar.

Terakhir, lokasi Giant Ficus Tree atau yang biasa dikenal dengan Giant Tree tidak luput dari daftar lokasi pembelajaran oleh siswa/i tersebut.

Baca Juga: Harusnya Bahagia, Nana Mirdad Malah Singgung Soal Hidup Hampa dan Tak Bisa Bersyukur di Hari Ulang Tahunnya, Ada Apa?

Tidak hanya mengobservasi pohon Ficus raksasa, namun juga melihat secara langsung indahnya Pohon Rasamala (Altingian excelsa Noronha) yang tumbuh banyak di sekitar wilayah Kebun Raya Bali.