Find Us On Social Media :

Pernah Habiskan Rp1 Triliun untuk Kampanye, Sandiaga Uno Banyak Diincar Jadi Calon Wapres Pemilu 2024

By Grid., Sabtu, 29 April 2023 | 18:12 WIB

Sandiaga Uno

Grid.ID - Sandiaga Uno ternyata pernah menghabiskan uang Rp1 triliun untuk kampanye.

Jumlah uang fantastis itu merupakan biaya kampanye dalam Pemilu 2019 lalu saat Sandiaga Uno menjadi calon wakil presiden bersama Prabowo Subianto.

Pernah menghabiskan uang sampai Rp1 triliun untuk kampanye, Sandiaga Uno kembali dilirik untuk menjadi calon wakil presiden dalam Pemilu 2024 mendatang.

Pengakuan Sandiaga soal biaya kampanye itu terungkap saat ia menjadi bintang tamu program Rosi Kompas TV.

Sandiaga menceritakan biaya yang ia keluarkan saat berkampanye menghadapi pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

"Mungkin dua tahun setelah Pilgub DKI itu, (biaya yang dikeluarkan) hampir Rp 1 triliun,” kata Sandiaga Uno seperti dikutip Grid.ID dari Kompas TV, Sabtu (29/4/2023).

Sandiaga menyebutkan, biaya yang dikeluarkan untuk kampanye itu telah dilaporkan dan diaudit oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) serta terekam dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Rupanya biaya kampanye pemenangan Prabowo-Sandi kala itu tak hanya berasal dari dirinya, tetapi juga berbagai pihak yang mendukung pasangan calon tersebut.

“Ya semua ikut berjuanglah. Tapi secara terbuka, saya melaporkan jumlah harta yang harus dilego untuk membiayai kampanye,” ujar Sandiaga.

Baca Juga: Diam-diam Punya Harta Rp 10 Triliun, Sandiaga Uno Ngaku Tak Pernah Ambil Gajinya Sebagai Menteri, Pilih Berikan ke Sosok Ini!

Di samping itu, mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu juga menyadari bahwa harta dan logistik ia miliki menjadi daya tarik yang membuatnya diincar untuk menjadi calon wakil presiden pada Pilpres 2024 mendatang.

Berdasarkan LHKPN yang ia laporkan pada Desember 2021, Sandiaga tercatat memiliki kekayaan sebesar Rp 10,6 triliun, menempatkannya sebagai menteri terkaya di jajaran Kabinet Indonesia Maju.