Find Us On Social Media :

Eks Direktur PO Haryanto Komentari Bus Masuk Jurang yang Diduga karena Ulah Anak Kecil, Sayangkan Supir yang Malah Keluar Kabin

By Citra Widani, Senin, 8 Mei 2023 | 14:46 WIB

Bus peziarah masuk jurang di Tegal, Jawa Tengah

Laporan Wartawan Grid.ID, Citra Kharisma

Grid.ID - Mantan direktur PO Haryanto, Rian Mahendra menyayangkan tragedi bus masuk jurang di kawasan wisata Guci, Tegal, Jawa Tengah.

Ia merasa jika kejadian tersebut benar-benar murni karena kelalaian supir dan para penumpang. 

Hal ini karena bus tersebut diduga jatuh ke jurang karena rem tangan (hand break) dilepas oleh anak kecil. 

Apalagi saat itu posisi supir dan kenek sedang berada di luar bus sehingga kecelakaan tak dapat dihindarkan.

"Kronologi, meluruskan berita2 miring tentang kondisi armada," tulis mantan petinggi PO Haryanto ini.

"Mesin menyala karena penumpang baru naik ke bis, ditinggal ngopi oleh para crew sebentar tiba-tiba ada penumpang (info dari mania adalah seorang anak kecil) melepas handrem untuk membuat dokumentasi ala-ala, spontan bis menggelinding dan masuk jurang."

"Duh kayak begini nih. Kenapa sih dek? Kenapa mainin handrem?," ujar Rian, dikutip dari Instagram-nya, Senin (8/5/2023). 

Rian pun menegaskan bahwa seharusnya supir dan kenek tidak boleh meninggalkan bus saat dalam keadaan mesin hidup. 

Ia juga merasa bahwa penumpang dalam bus seharusnya dapat saling mengingatkan saat ada penumpang lain yang mencoba untuk masuk ke posisi supir. 

"Pengemudi tidak boleh membiarkan bus menyala tanpa awak walau posisi berhenti, apalagi di tempat yg rawan seperti turunan."

"Pengemudi tidak boleh membiarkan siapapun kecuali crew dan managemen menduduki atau bermain di area kabin. Sesama penumpang juga harus bisa menegur atau mengingatkan agar hal semacam ini tidak terjadi lagi," jelas Rian.