Find Us On Social Media :

Inilah Perbedaan Authorized Reseller dan Premium Reseller Apple Resmi

By Fathia Yasmine, Selasa, 16 Mei 2023 | 09:10 WIB

Grid.ID – Tak seperti di luar negeri, penjualan dan distribusi produk Apple di Indonesia tergolong unik. Hal ini karena penjualan produk tersebut mengandalkan bantuan reseller Apple resmi, seperti Apple Authorized Reseller dan Apple Premium Reseller.

Sebagai mitra resmi, keduanya hadir dengan jaminan orisinalitas produk Apple yang ditawarkan. Misalnya, Hello Store.

Toko yang berada di bawah naungan PT Global Digital Niaga TBK (Blibli.com) ini merupakan salah satu contoh Apple Authorised Reseller yang menawarkan jaminan produk 100 persen orisinal, dengan garansi resmi Indonesia.

Meski begitu, tidak banyak yang tahu jika Apple Authorized Reseller dan Apple Premium Reseller memiliki banyak perbedaan. Khususnya dalam layanan dan fasilitas yang diberikan.

Lalu, apa saja perbedaan kedua jenis toko tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Layanan

Authorized reseller adalah gerai yang hanya melayani jual beli produk-produk Apple orisinal. Bila membeli iPhone di sini, misalnya, kamu bisa melakukan klaim garansi ke gerai ini. Akan tetapi, proses perbaikan unit yang rusak tidak bisa dilakukan di gerai tersebut. Perbaikan  dilakukan oleh pihak ketiga. 

Sebaliknya, premium reseller memberikan kualitas dan layanan yang lebih banyak dibandingkan authorized reseller.

Ketika membeli iPhone di premium reseller, kamu bisa menikmati tiga layanan khusus, yakni penjualan, after sales, dan training center. Dengan begitu, kamu tidak hanya bisa membeli produk Apple orisinal, tetapi juga bisa melakukan perbaikan produk saat mengalami masalah di gerai yang sama.

Baca Juga: Cara Bikin Stiker WA Sendiri di iPhone, Tanpa Aplikasi Cukup Copy Paste

  1. Desain dan konsep

Perbedaan selanjutnya ada pada bagian desain dan konsep toko. Apple Authorised Reseller tidak memiliki perbedaan signifikan dengan toko-toko reseller pada umumnya.

Tak jarang, Apple Authorised Reseller juga memiliki gerai tidak begitu besar ketika disandingkan dengan toko smartphone pada umumnya.

Sebaliknya, Apple Premium Reseller umumnya memiliki gerai dengan nuansa yang mewah dan elegan, serta ukuran gerai yang tergolong lebih luas. Konsumen yang mengunjungi gerai ini juga bisa mendapat privilese khusus, seperti mendapat lisensi langsung dari pihak Apple.