Find Us On Social Media :

Hari Suci Soma Ribek, Momentum Harmonisasi Hubungan Keluarga Besar Kebun Raya Bali

By Grid., Selasa, 23 Mei 2023 | 14:05 WIB

Hari raya suci Soma Ribek kali ini jatuh pada tanggal 22 Mei 2023 dilaksanakan di Kebun Raya Bali

Grid.ID – Soma (Senin) Pon wuku Sinta, dilaksanakannya hari raya Soma Ribek. Hari raya suci Soma Ribek kali ini jatuh pada tanggal 22 Mei 2023 juga dilaksanakan di Kebun Raya Bali.

Soma Ribek merupakan rangkaian dari Hari Saraswati yang diperingati dua hari setelah hari Banyu Pinaruh.

Makna hari suci Soma Ribek bagi umat Hindu se-Dharma adalah dimaknai sebagai hari penuh karunia atau keberkahan.

Momentum pada hari baik ini dimanfaatkan untuk mengucap rasa syukur serta memohon rejeki, kesejahteraan yang bersumber pada beras sebagai bahan pangan agar dalam penggunaannya dapat memberikan keberkahan untuk sesama.

Keluarga Besar Kebun Raya Bali juga merayakan hari suci Soma Ribek dengan melakukan serangkaian “piodalan” di Pura Giri Putri dan Pelinggih Etno Botani.

Piodalan atau upacara agama yang dilakukan pada hari Senin, 22 Mei 2023 ini telah dipersiapkan sejak hari Sabtu, 13 Mei 2023 oleh seluruh anggota Keluarga Besar Semeton Hindu Kebun Raya Bali.

Persiapan yang dilakukan tentunya berupa kegiatan pembersihan area pura bersama, mempersiapkan banten upakara, hingga “mebat” atau lebih dikenal sebagai kegiatan masak bersama-sama dan bergotong royong dalam serangkaian persiapan upacara.

Tentu momentum ini sangat dimanfaatkan oleh seluruh Keluarga Besar Kebun Raya Bali untuk mempererat tali persaudaraan di lingkungan kerja hingga sebagai bentuk harmonisasi hubungan dalam toleransi beragama.

Baca Juga: Sambut Hari Raya Idul Fitri, Kebun Raya Bali Siapkan Taman Hari Raya dan Promo Program Edukasi

Pada hari H pelaksanaan upacara Soma Ribek, turut hadir Semeton Musholla Miftahul Ulum Kebun Raya Bali yang merupakan gabungin umat Islam di Kebun Raya Bali.

Kegiatan yang dilakukan adalah makan bersama sebagai wujud toleransi dan saling mengucap syukur atas kelancaran upacara yang diselenggarakan.