Find Us On Social Media :

Menjaga Kelestarian dengan Menciptakan Ekosistem Bisnis Lestari bersama Palmerah, Yuk!

By Grid., Rabu, 24 Mei 2023 | 08:20 WIB

Kompas Gramedia kembali menggelar acara Palmerah, Yuk! pasca Hari Raya Idul Fitri, mengangkat tema Pasar Lestari di Palmerah, Yuk!

Grid.ID - Kompas Gramedia kembali menggelar acara Palmerah, Yuk! pasca Hari Raya Idul Fitri, mengangkat tema Pasar Lestari di Palmerah, Yuk!

Sesi Bincang Pagi memberikan wawasan tentang “Memuliakan Hasil Alam, Menjaga Kelestarian”, menghadirkan narasumber Direktur Perencanaan Sumber Daya Alam Kementerian Investasi/BKPM Ratih Purbasari, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, dan Lead Konsorsium Indeks Daya Saing Daerah Berkelanjutan Herman Suparman.

Insight lain dihadirkan dalam Bincang Sore, berdiskusi tentang Gotong Royong Menciptakan Ekosistem Bisnis Lokal Lestari bersama narasumber Komite Pengembangan Kewirausahaan APINDO sektor UMKM Lishia Erza Budiman, Perwakilan Koalisi Ekonomi Membumi/Katalys Partner Rama Manusama, Perwakilan Java Kirana Noverian Aditya, dan Sustainable Business Coordinator Sekretariat Lingkar Temu Kabupaten Lestari Oke Fifi Abriany.

Kedua sesi bincang-bincang dipandu oleh Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho sebagai moderator.

Selama Bincang Pagi berlangsung, narasumber berbagi insight dan opini yang beragam mengenai bagaimana bisnis lokal dilakukan dengan cara melakukan pengelolaan lokal dengan meminimalisir sampah.

Upaya ini ditujukan untuk mempengaruhi kemajuan ekonomi Indonesia.

Tak hanya itu, pengelolaan sampah lokal dan meminimalisir sampah tentu akan meningkatkan kebersihan lingkungan.

Narasumber juga sepakat bahwa apa pun produk yang dihasilkan, tentunya kita menggunakan hasil alam yang selayaknya.

“Sebagai pebisnis, tentunya kita harus memiliki inisiatif untuk mengolah sampah dari hasil sisa bahan-bahan dari produk yang dijual.”

“Inisiatif ini tentunya harus dimiliki oleh semua pebisnis lokal, mulai dari konsep produk dan bagaimana cara mengelola usaha agar produk-produk yang dihasilkan menjadi produk yang sustain,” ucap Herman.

Acara Palmerah, Yuk! ini juga berkolaborasi dengan Pasar Lestari untuk menunjukkan berbagai upaya yang dilakukan oleh pebisnis lokal untuk mewujudkan dampak yang positif.

Baca Juga: Jenama Lokal dalam Mengangkat Nilai Baru bersama Palmerah, Yuk!