Find Us On Social Media :

Cara Tepat Membuang Minyak Goreng Bekas Agar Tidak Merusak Saluran Air

By Yussy Maulia, Rabu, 24 Mei 2023 | 17:46 WIB

Ilustrasi minyak goreng bekas.

Grid.IDMinyak goreng umumnya bisa digunakan untuk 1-2 kali memasak. Apabila terdapat sisa makanan dari proses penggorengan sebelumnya, kamu pun bisa membersihkan minyak goreng bekas dengan cara menyaringnya dengan penyaring kopi atau teh.

Lalu, agar minyak goreng bekas tidak terkontaminasi debu atau partikel kotoran lainnya, kamu bisa menyimpannya pada wadah tertutup.

Namun, jika minyak goreng sudah mengeluarkan bau anyir dan warnanya berubah menjadi hitam, sebaiknya kamu buang saja. Namun, hindari membuang minyak goreng bekas langsung ke dalam pipa wastafel karena bisa merusak saluran air.

Berikut beberapa cara tepat membuang minyak goreng bekas agar tidak merusak saluran air.

1. Masukkan ke dalam wadah tertutup

Minyak goreng bekas tidak boleh dibuang begitu saja ke tempat sampah karena dapat mengkontaminasi lingkungan.

Baca Juga: Ternyata 5 Barang Ini Tidak Boleh Dibuang ke Tempat Sampah, Sudah Tahu?

Agar hal itu tidak terjadi, sebaiknya minyak goreng dimasukkan ke dalam botol, karton susu, atau wadah bekas lain yang tertutup sebelum dibuang ke tempat sampah. Selain itu, pastikan juga minyak goreng dalam keadaan dingin agar wadah yang digunakan tidak meleleh.

2. Bekukan terlebih dahulu

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk membuang minyak goreng bekas adalah dengan membekukannya. Caranya, tuang minyak yang sudah dingin ke dalam kaleng bekas, lalu masukkan ke lemari es.

Setelah teksturnya mengeras, keluarkan minyak goreng bekas tersebut dari kaleng, lalu buang bongkahannya ke tempat sampah.

3. Campurkan dengan sampah dapur