Find Us On Social Media :

Tidak Adanya Transparansi Gaji, Chen, Baekhyun, dan Xiumin EXO Memutuskan Kontrak Eksklusif dengan SM Entertainment

By Christine Tesalonika, Jumat, 2 Juni 2023 | 09:11 WIB

Baekhyun, Xiumin, dan Chen memutuskan kontrak eksklusif dengan SM Entertainment pada Kamis (1/6/2023)

Grid.ID - Kabar mengejutkan datang dari tiga member boy grup di bawah asuhan SM Entertainment, EXO.

Pada 1 Juni 2023, Chen, Baekhyun, dan Xiumin memutuskan kontrak eksklusif dengan SM Entertainment.

Ketiga member EXO itu menyampaikan pernyataan resmi mereka pada 1 Juni melalui perwakilan hukum dan pengacara mereka Lee Jae Hak dari firma hukum LIN, mengumumkan bahwa mereka memberi tahu SM mengenai pemutusan kontrak eksklusif mereka yang ada per 1 Juni.

Pemutusan kontrak eksklusif member EXO ini dikarenakan tidak adanya transparansi mengenai gaji yang seharusnya mereka terima selama ini.

Maka dari itu, Chen, Baekhyun, dan Xiumin memutuskan untuk menghentikan kontrak 'budak' yang sudah dibuat bersama dengan SM Entertainment.

Dilansir dari Soompi pada Kamis (1/6/2023), adapun beberapa alasan yang membuat Chen, Baekhyun, dan Xiumin memutuskan untuk mengakhiri kontrak dengan SM Entertainment, di antaranya:

1. SM menolak memberikan data gaji dari aktivitas artis: Sejak 21 Maret, mereka telah mengirimkan 7 putaran sertifikasi konten yang meminta salinan data gaji yang transparan dan rincian gaji, yang sampai akhir SM gagal memberikannya.

2. Masa kontrak panjang yang tidak masuk akal dan upaya untuk perpanjangan lebih lanjut: Artis telah menandatangani kontrak eksklusif untuk periode 12-13 tahun, namun SM berupaya untuk perpanjangan tambahan hingga total periode 17-18 tahun.

3. Selama periode kontrak eksklusif jangka panjang tersebut di atas, para artis hanya mempercayai penjelasan SM tentang jumlah penyelesaian dan menerima bagian mereka hanya dengan mengacu pada laporan yang dibuat secara sepihak oleh SM, yang tidak memiliki bukti spesifik dan objektif. Mengenai hal ini, para artis baru-baru ini secara resmi meminta salinan laporan penyelesaian dan dasar penyelesaian mereka beberapa kali melalui perwakilan hukum, tetapi SM menjawab bahwa pada akhirnya mereka tidak dapat memberikan salinan laporan tersebut.

4. Selama 12 hingga 13 tahun masa kontrak eksklusif tersebut, SM belum memberikan laporan penyelesaian dan dasar penyelesaian tersebut kepada artis dengan benar.

5. Meskipun banyak permintaan yang dibuat melalui perwakilan hukum artis sementara itu, SM telah gagal memenuhi kewajibannya untuk memberikan laporan, dan sebagai akibatnya, muncul alasan untuk pemutusan kontrak eksklusif yang ada.

Baca Juga: Lagu Baru Chen dan Yang Hee Eun - Bloom, Liriknya Sendu Bercerita tentang Perpisahan