Find Us On Social Media :

Rekomendasi 5 Tempat Wisata Seni dan Budaya di Jogja

By Fathia Yasmine, Kamis, 22 Juni 2023 | 11:15 WIB

Wisata sejarah Jogja

Grid.ID – Provinsi Yogyakarta atau dikenal dengan Jogja telah lama dikenal sebagai salah satu pusat seni dan kebudayaan di Pulau Jawa.

Oleh karena itu, menemukan tempat wisata bertema seni dan budaya di Jogja bukanlah perkara yang sulit.

Nah, bagi kamu yang berencana untuk mengunjungi Jogja dalam waktu dekat, berikut lima tempat wisata di Jogja yang sarat akan nilai seni.

1. Museum Affandi

Museum Affandi didirikan oleh maestro lukis kontemporer, Affandi, pada 1962. Di sini, pengunjung bisa menyaksikan ratusan lukisan karya Affandi yang indah dan bernilai seni tinggi.

Tak cuma itu, museum ini juga menyimpan potret keseharian sang maestro saat masih hidup, serta benda-benda kuno lainnya.

Sebagai pelengkap, pengunjung juga bisa menemukan sejumlah lukisan dari pelukis lain yang tak kalah terkenal, seperti Hendra Gunawan, Sudjojono, Mochtar Apin, Popo Iskandar, dan Basuki Abdullah.

Buat kamu yang ingin mengunjungi tempat ini, Museum Affandi terletak di Jalan Laksda Adisucipto No 167 atau sekitar 700 meter dari lokasi Grand Mercure Jogja.

Untuk mengunjungi Museum Affandi, kamu perlu membeli tiket masuk dengan harga sekitar Rp 50 ribu. Tiket tersebut nantinya bisa ditukarkan untuk mendapatkan suvenir. Lumayan buat kenang-kenangan, kan?

Baca Juga: 25 Tahun Reformasi, Ratusan Seniman dan Perupa Gelar Pameran di Jakarta dan Jogja

2. Museum Ullen Sentalu

Tak hanya Museum Affandi, Jogja juga punya Museum Ullen Sentalu yang sarat akan nilai seni dan budaya, lho

Pada 2018, museum ini berhasil terpilih sebagai museum kedua terbaik di Indonesia versi pengguna TripAdvisor.