Find Us On Social Media :

Gramedia Gelar Ngaji Literasi: Lahirkan Penulis Muda Saat Sambut Harlah Ponpes Bahrul Ulum Ke-198

By Grid., Rabu, 28 Juni 2023 | 12:53 WIB

Gramedia menggelar acara Ngaji Literasi dan menyambut hari lahirnya pondok pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang yang ke-198.

Grid.ID – Dalam rangka menyambut harlah ke-198, pondok pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang mengadakan serangkaian kegiatan, salah satunya adalah Ngaji Literasi bersama Gramedia.

Pada kegitan ini menghadirkan penulis dan editor buku dari penerbit Quanta, salah satu penerbit di bawah naungan Kompas Gramedia.

“Kami sangat berterima kasih, Gramedia mau bekerjasama mengadakan seminar yang sangat banyak manfaatnya untuk para santri.”

“Diharapkan kegiatan ini mampu memberikan semangat menulis para santri dan mampu menghasilkan penulis andal dari kalangan santri,” kata Ning Iyah sebagai salah satu pengasuh ponpes Bahrul Ulum.

Hal senada juga disampaikan Gus Wafi, panggilan akrab dari DR. KH. Wafiyul Ahdi SH MPd yang merupakan Ketua Yayasan ponpes Bahrul Ulum.

“Saya yakin dikalangan santri mempunyai potensi untuk menulis, sehingga forum-forum sepeti ini diharapkan mampu memantik semangat menulis.”

“Rasa emosional di pesantren perlu diungkapkan lewat tulisan, baik imajinasi maupun pengalaman yang dialaminya, yang penting mau menulis dahulu, baru nanti dikembangkan sesuai genre yang disukai.”

“Saat ini di madrasah-madrasah di bawah asuhan pondok pesantren, sudah memiliki komunitas-komunitas literasi.”

“Sehingga kegiatan semacam ini akan kami adakan secara berkesinambungan,” tambahannya.

Ngaji literasi dilaksanakan selama dua hari, yakni pada hari Sabtu, 24 Juni 2023 dan Minggu, 25 Juni 2023.

Pada kegiatan hari Sabtu menghadirkan pembicara Nursito Lucky Andari selaku editor Penerbit Quanta (Gramedia Grup) dengan materi ‘latihan menulis’.

Baca Juga: Sambut Idul Adha 1444 H, Kompas Gramedia Salurkan Hewan Kurban