Find Us On Social Media :

INTIP Sapi Limosin Kurban Presiden Jokowi di Padang, Sumatera Barat, Milik Anggota Polisi dan Berbobot 1 Ton

By Grid., Kamis, 29 Juni 2023 | 05:10 WIB

Sapi kurban dari Presiden Joko Widodo berasal merupakan milik seorang anggota kepolisian di Kota Padang Panjang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (28/6/2023).

Grid.id - Idul Adha 2023 akan segera tiba.

Seperti biasa, Presiden Jokowi akan segera mengurbankan sapi berbobot besar untuk perayaan ini.

Salah satunya adalah di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat yang dimiliki oleh polisi bernama Eko Setiawan.

Eko diketahui berdinasi di Polsek Padang Panjang.

"Nama saya Eko Setiawan yang merupakan seorang anggota Polri. Saat ini menjabat sebagai Kanit 2 SPKT Polsek Padang Panjang yang ada di wilayah hukum Polres Padang Panjang," kata Eko Setiawan, Rabu (28/6/2023).

Eko Setiawan mengatakan sangat merasa senang saat sapinya terpilih menjadi sapi kurban presiden yang dipilih oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sumatera Barat.

"Sapi saya jenis limosin (sapi berwarna keemasan) dengan bobot lebih kurang 1.080 kilogram. Untuk jenis kelaminnya jantan," kata Eko Setiawan.

Selama beternak sapi, Eko Setiawan tidak terpikirkan dan tidak menargetkan sapi yang dipeliharanya akan menjadi salah satu sapi kurban di Provinsi Sumatera Barat.

"Jadi, sapi saya awalnya harus melewati beberapa tahapan seleksi dan akhirnya memenuhi syarat menjadi sapi kurban presiden," Eko Setiawan.

Eko Setiawan mengatakan telah menjadi peternak sapi sejak 2012 yang lalu, dikarenakan adanya waktu senggang setelah dinas menjadi anggota Polri.

"Selain itu, karena hobi juga. Sekarang sapi yang saya pelihara mencapai 25 ekor," katanya.

Ia bercerita untuk bibit sapi ini dibeli dari petani di Pasar Ternak Koto Baru, Kabupaten Tanah Datar, Sumbar.