Find Us On Social Media :

Komitmen Danone - AQUA Kelola Sub DAS Pusur dari Hulu Sampai Hilir, Ini Deretan Upaya Kolaboratif Gandeng Masyarakat!

By Annisa Marifah, Kamis, 13 Juli 2023 | 09:46 WIB

Komitmen Danone - AQUA Kelola Sub DAS Pusur dari Hulu Sampai Hilir, Ini Deretan Upaya Kolaboratif yang Gandeng Masyarkat!

Laporan Wartawan Grid.ID, Annisa Marifah

Grid.ID - Sebagai salah satu perusahaan besar yang ikut membantu menjaga kesehatan masyarakat dengan menyediakan air mineral berkualitas, Danone - AQUA juga berkomitmen untuk melestarikan lingkungan.

Melansir press rilis yang diterima oleh Grid.ID pada Kamis (13/7/2023), Danone - AQUA berorientasi pada keberlanjutan lingkungan yang memberikan dampak sosial positif secara luas.

"Pabrik Danone-AQUA Klaten merupakan salah satu bentuk perwujudan operasional perusahaan yang berorientasi pada keberlanjutan lingkungan dan memberikan dampak sosial yang positif secara luas," ujar Karyanto Wibowo, Direktur Sustainability Development Danone Indonesia.

"Hal ini sejalan dengan strategi keberlanjutan perusahaan, Danone Impact Journey yang berfokus pada tiga pilar utama, yaitu kesehatan, lingkungan, serta masyarakat dan komunitas dalam menjalankan berbagai upaya keberlanjutan di manapun kami beroperasi, termasuk di Klaten, Jawa Tengah," sambungnya.

Berbagai upaya pengelolaan sumber daya air di Sub DAS Pusur (Daerah Aliran Sungai) dijalankan dengan pendekatan multi stakeholder sejak tahun 2012.

Danone-AQUA bersama dengan pemangku kepentingan lokal di Klaten yang terdiri dari perwakilan pemerintah Kabupaten Klaten-Boyolali, lembaga swadaya masyarakat (LSM) setempat, perguruan tinggi, kelompok petani, relawan serta tokoh masyarakat membentuk Pusur Institute.

Forum multi pihak ini kemudian menjadi motor penggerak yang melakukan serangkaian program pengelolaan sumber daya air yang komprehensif dan terintegrasi di Sub DAS Pusur.

Berikut ini sederet program kolaborasi menjaga kelestarian alam yang telah dilakukan.

1. Inisiatif program di hulu

Danone - AQUA dan masyarakat telah membuat stasiun curah hujan, embung kapasitas 12.000 M3, sipil teknis (2650 biopori, 141.041 penanaman pohon, 60 sumur resapan, 430 porak), serta program biogas bagi peternak.

Baca Juga: Tetap Optimistis di Masa Sulit, Ini Cerita Inspiratif dari Pemenang Program Aqua #HatiHarusOptimis