Find Us On Social Media :

Ketahui Operasi Pemasangan Deep Brain Stimulation (DBS) pada Pasien Parkinson

By Dianita Anggraeni, Jumat, 14 Juli 2023 | 16:19 WIB

Grid.ID - Penyakit Parkinson adalah gangguan neurologis yang umum terjadi pada populasi usia lanjut, dengan keluhan utama seperti gerakan melambat, gemetar (tremor), dan kekakuan pada sendi (rigiditas).

Gejala-gejala ini dapat makin memberat seiring dengan pertambahan usia.

Operasi DBS atau Deep Brain Stimulation adalah salah satu prosedur yang dapat membantu memperbaiki gejala Parkinson dan meningkatkan kualitas hidup penyandang Parkinson.

3 (tiga) dokter dari Grup RS Siloam yaitu dr. Frandy Susatia, Sp.S, RVT, Dr. dr. Made Agus Mahendra Inggas, Sp.BS, dan Dr. dr. Rocksy Fransisca V. Situmeang, Sp.N berbicara mengenai hal ini.

Baca Juga: Lucky Hakim Bongkar Tagihan Listrik Ponpes Al Zaytun, Sempat Pegang Datanya Saat Jadi Wabup Indramayu

Deep Brain Stimulation pada Pasien Parkinson

Dokter spesialis saraf RS Siloam Kebon Jeruk dr. Frandy Susatia, Sp.S, RVT dalam kesempatan wawancaranya menyebutkan operasi Deep Brain Stimulation (DBS) atau pemasangan stimulasi saraf di dalam otak merupakan sebuah prosedur medis yang digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi neurologis seperti penyakit Parkinson.

Prosedur ini melibatkan pemasangan elektroda tipis pada bagian tertentu dari otak, yang kemudian memberikan impuls listrik untuk meningkatkan fungsi motorik atau menghambat aktivitas yang berlebihan pada saraf.

“Elektroda ini terhubung ke generator yang ditanam di bawah kulit di dada. Generator ini mengirimkan sinyal listrik ke otak yang membantu mengurangi gejala Parkinson. Metode DBS adalah salah satu dari beberapa pengobatan yang tersedia untuk Parkinson dan telah terbukti efektif dalam mengurangi gejala”, ujar dr. Frandy.

Baca Juga: 3 Shio Paling Berjiwa Sosial, Cocok Kerja di LSM dan Jadi Pahlawan Sejuta Umat

Bagaimana DBS Memengaruhi Otak pada Pasien Parkinson

dr. Frandy yang merupakan lulusan pendidikan dokter spesialis saraf di University of Santo Tomas Hospital, Manila, Filipina menyebutkan elektroda DBS memancarkan impuls listrik yang bertujuan untuk mengatasi gejala Parkinson.