Find Us On Social Media :

Kronologi Finalis Miss Universe Indonesia 2023 Saat Dipaksa Foto Telanjang, Akui Bukan di Tempat Tertutup dan Ada 3 Pria

By Devi Agustiana, Selasa, 8 Agustus 2023 | 17:59 WIB

Perwakilan finalis Miss Universe Indonesia 2023 bersama tim kuasa hukum saat konferensi pers di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Senin (7/8/2023) malam.

Laporan wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID - Finalis Miss Universe Indonesia 2023 buka suara usai kejadian foto telanjang saat pengecekan tubuh pada 1 Agustus lalu.

Salah satu korban, J, finalis asal Jawa Barat mengaku sempat dimarahi hingga alami trauma berat.

"Setelah dibuka (pakaian) atasnya tadi, saya menutup lagi bagian atas saya, namun saya dibentak lagi," kata J dalam konferensi pers yang Grid.ID hadiri di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Senin (7/8/2023) malam.

"Dimarahi kalau saya ini, 'Gimana sih kalau nanti dikirim ke luar negeri? Kalau di luar negeri nanti kalu akan telanjang di depan banyak orang. Jadi kamu harus bangga dengan dirimu sendiri'," lanjutnya.

Diakui J, bahkan ada tiga orang laki-laki yang juga turut berada di area pengecekan tubuh.

Area itu juga disebut bukanlah tempat tertutup.

"Dan di situ tidak hanya ada perempuan saja, di situ ramai, ada tiga orang laki-laki dan beberapa perempuan."

"Tempat itu juga tidak di ruangan tertutup, tidak ada pintu, benar-benar hanya sekat kayu saja dan orang lalu lalang di situ sangat bebas," jelasnya.

Yang membuat J semakin terpuruk, ia merasa mengalami body shaming hingga dipermakukan di hadapan banyak orang.

"Saya merasa sebagai perempuan sangat malu dan kena mental saya sendiri. Saya benar-benar susah tidur karena overthinking."

"Saya juga masih kepikiran bagaimana mereka selalu mengurusi tubuh. Kasarnya itu adalah body shaming karena menilai dari kulit saya, lalu saya juga dipertontonkan ramai-ramai," ucap J.