Find Us On Social Media :

Mengenal Berbagai Genre Musik dan Perkembangannya di Dunia

By ADV PI, Kamis, 10 Agustus 2023 | 13:23 WIB

Ilustrasi musik

Grid.ID - Musik bukan sekadar alunan nada-nada yang dirangkai untuk dibentuk menjadi lagu. Bagi pendengarnya, musik memiliki kemampuan luar biasa untuk membangkitkan emosi, menyatukan satu sama lain, dan mencerminkan keberagaman budaya.

Musik memiliki berbagai genre. Setiap genre memiliki karakteristik yang kuat dan pengaruh yang unik. Setiap orang memiliki genre favorit yang berbeda-beda. 

Tambahpinter.com mengulas berbagai genre musik secara lebih dalam, mulai dari perkembangan genre musik, bagaimana asalnya, jenis-jenis genre musik, dan tokoh-tokoh terkenal dari setiap genre musik.

Konsep genre musik terbentuk karena perkembangan tradisi musik yang unik dari setiap budaya. Masyarakat saling bertukar ide dan mengembangkan tradisi musik sehingga banyak alunan-alunan nada yang tercampur dan membentuk suatu genre.

Genre musik memiliki berbagai jenis, berikut jenis-jenis musik populer yang hingga sekarang dipakai oleh masyarakat:

  1. Klasik

Musik klasik terkenal dengan komposisi abadinya dan aransemen orkestra yakni mencakup berbagai bentuk, seperti simfoni, sonata, dan opera, serta sering dikaitkan dengan komponis seperti Mozart, Beethoven, dan Bach.

 Baca Juga: Kritik Sosial Lewat Musik, Cinta Laura ft Ramengvrl Luncurkan Lagu Berjudul 'Bossy'

  1. Jazz

Genre ini muncul pada akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20. Ciri khas genre ini adalah improvisasi, sinkopasi, dan ritme yang khas. Genre ini telah melahirkan subgenre seperti bebop, swing, dan fusion.

  1. Rock

Musik rock muncul pada pertengahan abad ke-20 dan dikenal dengan suara gitar listrik. Genre ini telah berevolusi menjadi subgenre seperti rock klasik, punk rock, dan rock alternatif.

  1. Hip-Hop

Genre ini berasal dari komunitas Afrika Amerika dan Latin yang ciri khasnya menggabungkan rap, ritme, dan puisi. Genre ini telah menjadi fenomena global hingga mempengaruhi mode, tari, dan seni.

  1. Electronic Dance Music (EDM)

Ciri khas genre musik ini ditandai oleh ketukan elektronik dan menjadi ciri dari budaya tari modern. Ini termasuk genre seperti techno, house, dubstep, dan trance.

 Baca Juga: Stephen Sanchez Rilis Lagu Baru, Simak Lirik Be More yang Usung Musik Jadul Era Tahun 50-an