Find Us On Social Media :

Diberi Kesempatan Hidup Berkali-kali, Panji Petualang Ungkap Rasa Syukur Lewat Hijrah

By Anggita Nasution, Jumat, 11 Agustus 2023 | 14:49 WIB

Panji saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan pada Jumat (11/8/2023).

Laporan Wartawan Grid.ID, Anggita Nasution

Grid.ID - Presenter Muhammad Panji atau Panji Petualang ungkap rasa syukurnya lewat hijrah usai berkali-kali dikasih kesempatan hidup.

"Udah hampir setahun ini sih hijrah mah. Jadi Islamnya Islam, bukan KTP, Insya Allah," kata Panji saat ditemui dikawasan Tendean, Jakarta Selatan pada Jumat (11/8/2023).

Yang menjadi pemicunya untuk hijrah yaitu saat ia divonis mengidap penyakit diabetes. Ia bersyukur sebab masih diberi kesempatan hidup.

Karena sebelumnya ia berkali-kali digigit hewan buas peliharaannya maupun saat ia turun ke alam untuk berpetualang.

"(Ungkapan bersyukur) Hijrah sih, saya lebih ke punteun, sholat, bersyukurnya sih gitu, lebih ke ngerubah perilaku. Lebih soft lagi, ya lebih banyak hamdalah lah, Alhamdulillah, kadang kadang," tutur Panji.

Diketahui, sudah lima bulan terakhir Panji mengidap diabetes lantaran pola makan yang tidak teratur serta ada faktor keturunan di mana orang tuanya juga mengidap diabetes.

"Ke dokter katanya diabet di situ aku langsung ngedrop, karena aku tuh jarang sakit paling tipes gitu kan, sekalinya kena vonis diagnosa diabet, tapi emang ada genetik dari bapak."

"Dan waktu Ramadan lalu pola hidup aku emang kurang sehat, jadi abis makan malam kan kebanyakan tidur, terus abis itu makan nasi malam itu yang bahaya, makan nasi malam dan tidur," cerita Panji saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan pada Jumat (11/8/2023).

"Itu yang bikin pemicu diabetnya, jadi ada dua faktor ginetik, ada pola hidup yang kurang sehat, aku dua-duanya genetik dan pola hidup tidak sehat. Makanya kalau habis makan sejam kalau bisa jangan langsung tidur, karena bisa menyerang siapa saja," imbuhnya.

Akibat diabetes yang diderita Panji yang dulunya terlihat bugar sekarang harus kehilangan berat badannya sampai 30 kilogram.

"Dulu badan tuh yang tadinya gemuk tiba-tiba kurus turun 30 kilogram dari Ramadan, dari awalnya 95 jadi 65," pungkasnya.