Find Us On Social Media :

Terpisah dari Rombongan Pendaki Setelah Peringatan 17 Agustus, Wanita Ini Ditemukan Terjatuh dengan Kaki Terkilir

By Grid., Sabtu, 19 Agustus 2023 | 11:17 WIB

Ikut perayaan 17 Agustus di Gunung Lompobattang, seorang pendaki perempuan dievakuasi setelah terjatuh

Grid.ID - Sebuah insiden nahas menimpa seorang wanita yang tengah melakukan pendakian di Gunung Lompobattang.

Wanita tersebut terpisah dari rombongan pendakian usai mengikuti perayaan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia di Gunung Lompobattang, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan pada Jumat (18/8/2023).

Ia terpisah dari rombongan usai mengikuti perayaan HUT ke-78 RI gunung di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan karena terjatuh.

Namun pendaki tersebut berhasil dievakuasi dengan kondisi kaki terkilir.

Seorang pendaki perempuan, Hayati (33) terjatuh dan terpisah dari rombongan usai mengikuti perayaan Hari Kemerdekaan Ke-78 Republik Indonesia (RI) di Gunung Lompobattang, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, Jumat (18/8/2023).

Sebelum dinyatakan hilang, korban sempat menghubungi temannya dan memberitahu dirinya terjatuh di antara jalur pos 6 dan pos 7 di Gunung Lompobattang.

"Informasi yang diterima bahwa, dia terpisah dari rombongan pendaki lain yang turun dari Gunung Lompobattang siang ini," ujar Mexianus Bekabel, selaku Kepala Kantor Basarnas Makassar, Jumat (18/08/2023).

Mexianus mengatakan operasi pencarian segera dilakukan sesaat setelah pihaknya mendapatkan laporan.

"Tim rescue Basarnas dari unit siaga SAR Bantaeng bersama dengan potensi SAR menjemput korban di Parang Bintolo, di mana sebelumnya korban telah ditemukan oleh warga di pos 4 dalam keadaan kaki korban terkilir," jelas Mexianus.

Baca Juga: Petualangan Tim Pendaki Perempuan Pertama Indonesia Taklukan Puncak Jaya Lewat Buku Carstensz Pyramid: Titik di 4884 MDPL

Gunung Lompobattang terletak di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan.

Gunung ini berdekatan dengan Gunung Bawakaraeng. Suhu minimum di Gunung Lompobattang adalah sekitar 14° Celcius hingga maksimum 16° Celcius.