Find Us On Social Media :

7 Manfaat Bunga Telang Buat Kesehatan yang Sayang Jika Dilewatkan, Apa Saja?

By Grid., Sabtu, 19 Agustus 2023 | 13:37 WIB

Ilustrasi 7 manfaat bunga telang

Grid.ID - Bunga telang atau yang dikenal sebagai Asian Pigeon flower telah menjadi perbincangan karena selain keindahannya, tumbuhan ini juga memiliki berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa.

Pertama kali ditemukan pada tahun 1678 di Pulau Ternate, bunga telang memiliki potensi untuk digunakan dalam pengobatan dan perawatan tubuh.

Selain warnanya yang indah, bunga dari tumbuhan tersebut bisa digunakan untuk berbagai macam pengobatan yang berkhasiat.

Banyak orang yang mengolahnya menjadi teh karena manfaatnya yang luar biasa seperti menurunkan berat badan, mendetoksifikasi tubuh, menenangkan pikiran, memperkaya tekstur kulit, dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Melansir MyBlue Tea, Teh Biru yang berasal dari bunga telang memiliki pH sekitar 8,4 yang membuatnya menjadi air alkali alami.

Berikut manfaat bunga telang untuk kesehatan tubuh yang bisa menangkal berbagai macam penyakit.

1. Meningkatkan kesehatan otak

Beberapa penelitian pada tikus dan hewan lain menunjukkan bahwa mengonsumsi bunga telang secara teratur meningkatkan kadar zat kimia yang disebut asetilkolin di otak mereka.

Asetilkolin sangat penting untuk kesehatan otak yang baik. Tingkat asetilkolin yang tinggi di otak diketahui dapat mengurangi kehilangan memori terkait usia dan meningkatkan daya ingat.

Konsumsi ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan.

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Bunga Bagi Manusia? Kunci Jawaban untuk Materi Kelas 3 SD Tema 1

2. Mengurangi risiko kanker