Find Us On Social Media :

Tak Cuma Fokus Pilpres, KPU Kerahkan Tenaga Sukseskan Pilkada 2024

By Citra Widani, Sabtu, 19 Agustus 2023 | 13:25 WIB

Tak hanya Pilpres, KPU juga kerahkan fokus ke Pilkada 2024.

Laporan Wartawan Grid.ID, Citra Kharisma

Grid.ID - Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, KPU menegaskan bahwa pihaknya siap siaga mempersiapkan tak hanya Pilpres namun juga Pilkada

KPU telah mengerahkan para petugasnya yang berada di setiap daerah untuk mempersiapkan dengan matang Pilkada 2024 mendatang. 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat ini tengah disibukkan dengan tahapan Pemilu 2024.

Meski demikian, fokus KPU sebagai penyelenggara proses demokrasi juga akan bertambah seiring dengan hadirnya tahapan pemilihan kepala daerah yang juga akan berlangsung serentak di 2024.

Menyikapi hal ini, Anggota KPU Yulianto Sudrajat meminta jajarannya untuk juga menyiapkan diri menghadapi tahapan pemilihan kepala daerah.

Satu hal penting dan perlu diperhatikan, adalah regulasi yang relatif sama dengan penyelenggaraan sebelumnya.

“Karena aturannya masih sama dan Undang-undangnya masih sama untuk pilkada,” kata Drajat saat hadir membuka dan memberikan pengarahan pada kegiatan Rapat Pimpinan Penyelenggaraan Tahapan Pemilu dan Pilkada Tahun 2024, KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi Gorontalo, di Gorontalo, Minggu (13/8/2024).

Adapun tahapan awal yang bisa dilakukan KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota mempersiapkan pemilihan kepala daerah adalah perencanaan terkait anggaran.

Drajat mengungkapkan, di beberapa daerah, perencanaan terkait anggaran ini sudah dilakukan.

“Berdasarkan catatan kami ada 71 kabupaten/kota dan provinsi itu sudah siap NPHD (naskah perjanjian hibah daerah),” ungkap Drajat.

Meski begitu bagi daerah yang belum menyiapkan ini, dia berharap segera melakukan persiapan.