Find Us On Social Media :

Viral, Kisah Pejabat hingga TNI dan Polri Gak Ada yang Berani Injakkan Kaki di Daerah Kediri Ini: yang Melanggar Kena Musibah dan Lengser!

By Grid., Kamis, 24 Agustus 2023 | 20:50 WIB

Gang masuk Dusun Setono, Desa Tales, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Jawa Timur

Grid.ID - Beberapa waktu lalu, sempat viral sebuah video.

Yang memperlihatkan sebuah daerah yang tedapat tulisan 'Priyayi BB Aparatur Pemerintah TNI/Polri Dilarang Masuk'.

Usut punya usut, daerah tersebut terletak di gang Dusun Setono di Desa Tales, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Jawa Timur sejak dulu.

Turun-temurun

Kepala Desa Tales Slamet Raharjo mengatakan, larangan yang tertulis dalam papan itu sudah diberlakukan sejak dahulu di desanya.

Hal tersebut terkait dengan kearifan lokal dan kepercayaan masyarakat.

"Pejabat yang melanggarnya dipercaya akan lengser atau terkena musibah," ujar Slamet Raharjo dihubungi Kompas.com, Selasa (23/8/2023).

Kades mengungkapkan, kepercayaan itu terbangun dari sebuah cerita turun-temurun oleh pendiri desa.

Dahulu, kata dia, ada seorang putri bernama Ambarsari yang hendak dipinang oleh seorang pejabat. Ambarsari yang menolak lalu melarikan diri dan bersembunyi di dusun itu.

Untuk melindungi diri, Ambarsari berujar bahwa siapa pun pejabat yang masuk kawasan dusun akan menerima konsekuensi, salah satunya perihal karir.

Meski demikian, kata Kades, larangan itu hanya berlaku pada aparat dan pejabat dengan jabatan tinggi saja.

Baca Juga: Kisah Jenderal Wanita di Aceh Bikin 99 Lelaki Tak Ada yang Selamat Hidup-hidup Usai Lewati Malam Pertama Bersamanya, Terkuak Fakta dan Mitos di Baliknya