Find Us On Social Media :

Tak Temukan Nada Tumpang Tindih, Dispatch Uji Melodi Lagu 'Seven' dan 'Time of Mask'

By Christine Tesalonika, Kamis, 24 Agustus 2023 | 14:37 WIB

Lagu 'Seven' Jungkook BTS Dituding Plagiat 'Time of Mask' Fin.K.L, Big Hit Entertainment Auto Bantah: Tidak Benar!

Grid.ID - Awal pekan ini, debut solo Jungkook BTS berjudul 'Seven' menjadi topik perbincangan hangat netizen.

Ya, lagu debut solonya tersebut dituding plagiat melodi kunci yang digunakan dalam Time of Mask milik Fin.KL yang dirilis pada 2000.

Dilansir dari Allkpop pada Kamis (24/8/2023), outlet media 'Dispatch' mempublikasikan temuannya setelah menyelidiki tuduhan plagiarisme terhadap single solo anggota BTS Jungkook berjudul 'Seven', yang aslinya diangkat oleh produser Yang Joon Young dari 'Time of Mask' Fin.KL.

Bagian "bermasalah" dari 'Seven', menurut Yang Joon Young, adalah antara 00:55~01:03, dengan lirik yang dimulai dengan "You love when I jump right in. All of me I'm offering...". Dalam 'Time of Mask' bagian yang seharusnya serupa adalah antara 00:52~01:10.

Untuk mengkonfirmasi klaim Yang Joon Young, Dispatch bereksperimen dengan mentransfer musik ke lembaran musik kosong.

Namun, Dispatch justru menemukan bahwa karena 'Seven' menggunakan tangga nada Emaj sedangkan 'Time of Mask' menggunakan B♭m, sulit untuk mengubah kedua lagu tersebut menjadi bentuk dengan kunci yang benar-benar cocok.

Namun, 'Dispatch' melanjutkan untuk mengubah 'Seven' menjadi kunci C, dan 'Time of Mask' menjadi kunci Am.

Outlet media tersebut menyimpulkan bahwa tidak ada komponen yang tumpang tindih pada kedua lagu tersebut, baik itu kuncinya, perkembangan akordnya, temponya, atau susunan nadanya.

Salah satu pakar mengatakan kepada Dispatch bahwa pertimbangan plagiarisme setidaknya ditemukan dua komponen yang tumpang tindih.

Baca Juga: Jungkook BTS Akan Rilis 'Seven' Versi Remix di Tengah Isu Plagiarisme, Catat Tanggalnya!

"Untuk mempertimbangkan kemungkinan plagiarisme, setidaknya harus ditemukan dua komponen yang tumpang tindih, seperti melodi dan progresi akord yang sama. Dalam hal ini, tidak ada komponen yang tumpang tindih yang ditemukan." ujar seorang pakar.

Ya, Yang Joon Young pun melayangkan laporan untuk permintaan evaluasi urutan skala kedua lagu tersebut dengan produser di HYBE Labels.