Find Us On Social Media :

Viral Kapas Pembersih Wajah Jadi Hitam Karena Polusi, Ini Cara Bersihkan Wajah Maksimal Usai Beraktivitas

By Ni Wayan Nugrahani Puspita Dewi, Jumat, 25 Agustus 2023 | 11:25 WIB

Ilustrasi mencuci wajah setelah beraktivitas di luar ruangan.

Grid.id - Akhir-akhir ini, kamu mungkin sering melihat unggahan foto yang menampilkan pemandangan langit Jakarta yang diselimuti kabut polusi. Penampakan gedung-gedung bertingkat di Jakarta yang tertutup kabut berwarna abu-abu pekat juga menjadi viral di media sosial.

Polusi udara di Jakarta memang sedang berada di level yang mengkhawatirkan. Menurut platform penyedia informasi kualitas udara di dunia, iQAir, indeks kualitas udara di Jakarta mencapai 178 per Rabu (23/8/2023), yang mana tergolong tidak sehat.

Bahkan, buruknya polusi udara di Jakarta ternyata juga berpengaruh bagi kulit. Hal ini diungkapkan oleh seorang seorang netizen yang mengunggah foto kapas yang telah digunakan untuk membersihkan wajahnya.

Dalam foto tersebut, kapas yang digunakan tampak berwarna hitam akibat paparan debu, kotoran, dan polusi udara yang menempel pada permukaan kulit.

Baca Juga: Catat, Ini Tips Berolahraga Outdoor yang Aman di Tengah Tebalnya Polusi Jakarta!

"Gila parah banget udara Jakarta sekarang. Aku motoran padahal udah pakai masker, kacamata, helm, masih kayak gini kotornya. Make up gak make up selalu double cleansing ya guys!! Nangis parah lihatnya, jangan lupa pakai masker kalau keluar," tulisnya melalui akun Twitter @ohmybeautybank.

Buat kamu yang belum tahu, paparan polusi udara bisa berdampak buruk bagi kulit, mulai dari merusak sel-sel kulit, mengganggu keseimbangan produksi sebum, membuat kulit tampak kusam, hingga memicu jerawat.

Nah, agar hal-hal tersebut tidak terjadi, kamu wajib membersihkan kulit dengan optimal, terutama setelah beraktivitas di luar ruangan. Bagaimana cara membersihkan kulit dengan benar? Berikut tipsnya.

  1.     Hapus seluruh makeup pada wajah

 Langkah pertama dalam membersihkan wajah adalah menghapus makeup yang kamu pakai. Sebelum menghapus makeup, pastikan kamu sudah mencuci tangan sampai bersih.

Baca Juga: Lebih Dekat dengan Inaura Bersolek, Mua Gokil yang Kontennya Selalu Bikin Tertawa

Mulailah dengan menghapus eye makeup terlebih dahulu, terutama jika kamu pakai produk yang tahan air, seperti mascara atau eyeliner. Kamu bisa menggunakan micellar water atau cleansing balm, kemudian usap lembut pada area mata dengan gerakan dari dalam ke luar mata.

Untuk wajah, kamu bisa menggunakan pembersih berbasis minyak (oil-based). Pembersih jenis ini efektif membersihkan kotoran dan partikel polusi yang lebih sulit dihapus, serta membantu menjaga kelembapan kulit.