Find Us On Social Media :

Waspada! Indonesia Dikelilingi Wabah, Virus Nipah Sudah Menyebar di Negara Tetangga

By Grid., Senin, 18 September 2023 | 16:18 WIB

Ilustrasi virus nipah, gejala virus nipah, bahaya virus nipah. Infeksi virus nipah tengah mewabah di India. Kenali gejala dan bahaya virus nipah.

Grid.ID - Indonesia dihantui oleh virus yang tengah merebak di negara tetangga.

Berawal dari Malaysia, Virus Nipah kini sudah mewabah di India.

Virus nipah telah merenggut nyawa dua warga negara bagian Kerala, India.

Tiga orang lainnya dinyatakan positif terinfeksi virus ini.

Dikutip dari Reuters (12/9/2023), salah satu pejabat dari Institut Virologi Nasional India menyebutkan, satu orang meninggal pada bulan ini dan satu orang meninggal pada akhir Agustus 2023. Penyakit ini telah mewabah kali keempat di Kerala sejak 2018. Kala itu, sebanyak 21 dari 23 orang yang terinfeksi virus ini meninggal dunia.

Selanjutnya, pada 2019 dan 2021, virus ini juga merenggut dua nyawa lagi.

Untuk meningkatkan kewaspadaan pada penyakit menular ini, kenali apa itu virus nipah, gejala, dan bahayanya yang perlu diwaspadai, berikut penjelasannya dikutip dari Kompas.com:Apa itu virus nipah?

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), virus nipah adalah jenis virus zoonosis atau kuman yang dapat menular dari hewan ke manusia, atau menular melalui makanan yang terkontaminasi atau langsung antarmanusia.

Asal-usul virus ini kali pertama diidentifikasi pada 1999 saat terjadi wabah penyakit menyerang kalangan peternak babi di Malaysia dan Singapura.

Selanjutnya, virus ini menyerang sejumlah warga di Bangladesh pada 2001.

Baca Juga: Mengenal Tes HPV DNA Genotyping untuk Deteksi Infeksi HPV Risiko Kanker Serviks

Sejak itu, wabah ini hampir setiap tahun menyerang negara setempat, serta teridentifikasi di India yang letaknya berdekatan dengan negara ini.