Find Us On Social Media :

Dukung Misi Pemerintah Entaskan Stunting, Kompas Gramedia Gelar Kelas Tumbuh Kembang Anak di Kelurahan Kebon Melati

By Grid., Rabu, 20 September 2023 | 16:15 WIB

Kegiatan dongeng interaktif oleh Nia Arliani dan Dina Novita dari Komunitas Dongeng Kukuruyuk Gramedia

Grid.ID - Kompas Gramedia turut berkontribusi dalam misi pemerintah untuk menurunkan angka prevalensi stunting dengan membuat Program Entaskan Stunting di Kelurahan Kebon Melati, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat melalui PMT dan Kelas Tumbuh Kembang Anak

Berdasarkan Surat Keputusan Walikota Jakarta Pusat Nomor e-0048 Tahun 2023, Kelurahan Kebon Melati menjadi salah satu dari 10 lokasi fokus (Lokus) di Jakarta Pusat yang memiliki angka prevalensi stunting tertinggi.

Program ini disambut baik oleh Lurah Kelurahan Kebon Melati Ikhsan Kamil.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kompas Gramedia atas bantuannya dalam penanggulangan stunting.”

“Saya berharap program ini bisa bermanfaat bagi warga di Kelurahan Kebon Melati dan Kompas Gramedia dapat diberikan kesuksesan serta keberkahan,” ucap Ikhsan Kamil.

Program Entaskan Stunting oleh Kompas Gramedia akan berlangsung selama 3 bulan, yaitu bulan September hingga Desember 2023 dan menyasar 12 anak terdata stunting berdasarkan data posyandu dan Puskesmas Kecamatan Tanah Abang.

PMT dari Kompas Gramedia mulai berjalan sejak Jumat, 8 September 2023 dengan sistem pengiriman makanan setiap hari ke rumah-rumah anak, sedangkan Kelas Tumbuh Kembang Anak perdana dilaksanakan pada Kamis, 14 September 2023 di Aula Kelurahan Kebon Melati.

Kelas Tumbuh Kembang akan dilaksanakan sebanyak 2 kali dalam satu bulan setiap hari Kamis.

Harapannya, tumbuh kembang anak dapat semakin optimal, tidak hanya gizinya yang terpenuhi melalui PMT tetapi juga motorik, kognitif, dan sensorik anak dapat terstimulasi melalui aktivitas edukatif yang menyenangkan.

Orangtua juga mendapat bekal edukasi seputar pola asuh dan kesehatan agar kebutuhan emosional anak untuk tumbuh kembang semakin tercukupi.

“Kelas Tumbuh Kembang Anak ini rasanya sangat dibutuhkan untuk memberi inspirasi dan pengetahuan para ibu saat mengasuh anak sehari-hari.”

“Kami berharap kegiatan ini dapat membantu ibu lebih berkembang dan lebih memahami bagaimana memberikan perhatian dan kasih sayang agar tumbuh kembang anak lebih maksimal.”