Find Us On Social Media :

Musik Koplo dan Melayu Terbaik Masuk dalam Kategori Baru Anugerah AMI Awards 2023

By Anggita Nasution, Kamis, 21 September 2023 | 18:37 WIB

Press conference nominasi AMI di Plaza Senayan, Jakarta Pusat pada Kamis (21/9/2023).

Laporan Wartawan Grid.ID, Anggita Nasution

Grid.ID - Penghargaan Anugerah Musik Indonesia (AMI) kembali digelar. Ini tahun ke-26 acara tersebut digelar. Tahun ini ada 62 kategori dengan penambahan dengan penambahan enam kategori baru.

Acara AMI ini akan digelar 8 November 2023.

Keenam kategori baru tersebut adalah Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Koplo Terbaik, Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Melayu Terbaik, Karya Orkestra Terbaik, Album Film Scoring Terbaik, Album Musikal Terbaik dan Album Alternatif Terbaik.

Adibal Sahrul selaku komposer dan produser senang AMI Awards 2023 memberi ruang untuk kategori koplo dan melayu sebagai nominasi.

"Musik melayu tuh sudah pernah ada, cuma produksinya tidak terlalu banyak dan digabungkan kembali ke genre dangdut, dan banyak kategori lagu yang dimasukan dan menjadi kategori baru di AMI Awards," ucap Adibal saat press conference nominasi di Plaza Senayan, Jakarta Pusat pada Kamis (21/9/2023).

Adibal mengaku bersyukur kini koplo lebih berkembang dan banyak diminati sehingga semakin hits.

"Mungkin yang baru adalah koplo, jadi diawal-awal munculnya ini adalah dangdut yang hits dan divariasi. Dan dalam perkembangannya, mungkin hanya lagu-lagu dangdut yang dikoplokan, tapi semua lagu hits dikoplokan dan koplo naik banget sekarang. Untuk memacu akreditas, tim kategorisasi memberikan space besar untuk koplo," tutur Adibal.

Saking berkembangnya musik koplo, kini bisa ikut bersaing sehingga diberikan ruang lebih di AMI Awards.

Baca Juga: Demi Menyejahterakan Musisi Senior, AMI Beri Bantuan BPJS Ketenagakerjaan

"Kalau dangdut itu kan genrenya terinspirasi dari musik india, latin. Tapi koplo sekarang itu musik asli indonesia, saya rasa akan sangat kompetitif begitu AMI Awards memberikan space untuk koplo," pungkasnya.

Berikut nominasi lengkap kategori koplo dan melayu di AMI Awards 2023.