Find Us On Social Media :

Tegaskan Bukan Masalah Royalti, Keluarga Besar Koes Plus Larang Band T Koes Bawakan Lagu Mereka Gegara Tersinggung

By Hana Futari, Kamis, 28 September 2023 | 17:54 WIB

Keluarga Koeswoyo bersama sang kuasa hukum, Singgih Tomi Gumilang ditemui di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (28/9/2023).

Laporan Wartawan Grid.ID, Hana Futari

Grid.ID - Keluarga besar Koes Plus yang diwakili anak-anak mereka akhirnya buka suara terkait pelarangan band T Koes membawakan lagu sang ayah.

Keluarga Koes Plus bersama kuasa hukum menegaskan bahwa alasan larangan membawakan lagu Koes Plus kepada Band T Koes bukanlah urusan royalti.

"Dapat kami tegaskan bahwa latar belakang keputusan klien kami terus terang bukan hanya semata-mata persoalan royalti melainkan lebih kepada persoalan harkat dan martabat, serta nama besar para orangtua klien kami," ujar kuasa hukum Keluarga Koeswoyo, Singgih Tomi Gumilang ditemui di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (28/9/2023).

"Hal ini adalah yang menurut kalian kami Marwah orangtua nama baik orangtua yang notabene bisa dikatakan sebagai salah satu band legendaris di kancah dunia permusikan Indonesia dapat disinyalir kuat sudah tidak lagi atau sama sekali dihargai oleh Band T Koes," terangnya.

Selain itu, keluarga Koes Plus merasa adanya sikap dari Band T Koes yang menyinggung.

"Keluarga besar Koes Plus merasa tidak nyaman atas beberapa hal yang menyangkut unggah-ungguh dan atau tindak-tanduk T Koes Band," kata kuasa hukum keluarga Koeswoyo.

"Di mana dalam hal ini dirasa amat sangat menyinggung harkat dan martabat keluarga besar Koes Plus," lanjutnya.

Salah satu anak dari personel Koes Plus, Damon menyebut bahwa permasalahan dengan Band T Koes lebih mengarah ke moral dan adab.

"Jadi siapa pun boleh membawakan lagu Koes Plus, tapi kalau tidak beretika, tidak bermoral, ya gimana?" katanya.

"Harusnya dia bisa melindungi marwah mereka yang dikagumi, bukan malah mengikuti giringan opini ke arah negatif seperti itu," lanjutnya.

"Tapi untuk masalah lain lain kayak royalti atau apa itu, itu tidak ada kaitannya. Ini lebih ke saling menghargai," tutup Damon Koeswoyo.