Find Us On Social Media :

Punya Misi Go Global, Pengusaha Sepatu asal Bogor Tembus Pasar Ekspor Bareng Shopee!

By Yussy Maulia, Rabu, 11 Oktober 2023 | 08:00 WIB

Patris, brand sepatu lokal asal Bogor yang berhasil tembus pasar ekspor bersama Shopee.

Grid.ID – Saat ini, platform e-commerce telah membuka peluang bisnis bagi banyak orang, termasuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal.

Pengusaha sepatu asal Bogor, Ricco Antonius, menjadi salah satu pelaku UMKM yang sukses mendulang rezeki di platform e-commerce. Melalui toko yang diberi nama Patris Official, Ricco berhasil mengembangkan bisnisnya secara pesat hanya dalam waktu kurang dari satu tahun.

“Saya memulai bisnis sepatu saat pandemi. Awalnya, saya sendiri agak bingung. Lagi pandemi, orang-orang kan harus di rumah, tapi kok malah bikin bisnis sepatu?” cerita Ricco, Selasa (10/10/2023).

Namun, dilema yang dialami Ricco tak berlangsung lama. Menyadari bahwa masyarakat Indonesia mulai beralih ke belanja online, Ricco memutuskan untuk menjual sepatu secara online melalui platform Shopee.

Baca Juga: Jutaan Produk Batik UMKM Tembus Pasar Ekspor bersama Shopee, Didiet Maulana Kagum!

Alasan Ricco memilih berjualan di Shopee adalah karena platform tersebut memiliki jangkauan pembeli yang sangat luas. Menurut Ricco, pengguna Shopee di Indonesia sangat banyak, sehingga produknya berpotensi dilihat banyak masyarakat Indonesia.

“Kami yakin kalau Shopee dapat mendatangkan banyak pembeli untuk toko kami. Dari segi aplikasi untuk penjual, Shopee juga sangat mudah untuk digunakan,” jelas Ricco.

Toko Patris Official milik Ricco pun berkembang pesat selama tiga tahun terakhir. Bahkan, dalam kurun waktu kurang dari tiga bulan, Patris Official berhasil menaikkan status, dari toko dengan badge Star Seller menjadi Star+ Seller di platform tersebut. 

Tidak hanya itu, Patris berhasil memperoleh badge Shopee Mall hanya dalam waktu kurang dari satu tahun setelahnya. Untuk diketahui, badge ini merupakan kategori tertinggi untuk penjual di Shopee. 

Baca Juga: Dukung Batik Mendunia, Shopee Pertegas Komitmen Tingkatkan Ekspor UMKM Lokal

“Keberhasilan tersebut tentunya didorong oleh penjualan yang konsisten, penilaian toko yang tinggi, dan respons cepat kami terhadap pertanyaan pembeli,” ujar Ricco.