Find Us On Social Media :

TikTok Shop Sudah Ditutup, Para Pedagang Tanah Abang Malah Minta E-Commerce Lain Ikutan Tutup, Menteri Perdagangan Akhirnya Buka Suara

By Ines Noviadzani, Kamis, 12 Oktober 2023 | 18:40 WIB

Para pedagang di pasar Tanah Abang

Laporan Wartawan Grid.ID, Ines Noviadzani

Grid.ID - Para pedagang Tanah Abang kembali bereaksi terhadap keberadaan e-commerce.

Para pedagang tersebut meminta kepada pemerintah agar segera menutup e-commerce.

Diketahui jika sebelumnya permintaan para pedagang Tanah Abang ini berhasil membuat ditutupnya TikTok Shop pada 4 Oktober 2023 lalu.

Dilansir dari Tribun Bisnis Kamis (12/10/2023) mengatakan jika para pedagang Tanah Abang ini mulai meminta lebih setelah beberapa waktu lalu terjadi penutupan TikTok Shop.

Namun sepertinya hal tersebut tidak akan terjadi lantaran semua transaksi yang ada pada e-commerce sudah diatur.

Dikutip dari Kompas.com (11/10/2023), Menteri Koperasi dan UKM (Menkop-UKM) Teten Masduki memberikan tanggapannya soal permintaan pedagang Tanah Abang tersebut.

"Ya itu nggak benar, itu hanya ekspresi kemarahan mereka karena produk yang dijual tidak bisa bersaing dengan masuknya barang online," kata Teten, Rabu (11/10/2023).

Dikatakan juga bahwa penyebab dari produk yang sepi pembeli itu bukan karena metode penjualan, baik yang secara online maupun offline.

Bahkan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Zulhas juga memberikan keterangannya.

Baca Juga: Pedagang Support Pedagang, Haji Faisal Kontra Wacana TikTok Shop Bakal Dihapus Meskipun Omzet Jualannya di Tanah Abang Turun Drastis

Menurutnya digitalisasi merupakan sesuatu yang pasti akan terus datang.