Find Us On Social Media :

Makjleb, Susi Pudjiastuti Beri Sindiran Nyelekit Usai Menteri ESDM Anggarkan Dana Rp 347 M Demi Bagi-bagi Rice Cooker Gratis: Aduh bapak....

By Fidiah Nuzul Aini, Minggu, 15 Oktober 2023 | 10:31 WIB

Makjleb, Susi Pudjiastuti Beri Sindiran Nyelekit Usai Menteri ESDM Anggarkan Dana Rp 347 M Demi Bagi-bagi Rice Cooker Gratis: Aduh bapak....

Laporan Wartawan Grid.ID, Fidiah Nuzul Aini

Grid.ID - Menteri ESDM diketahui anggarkan dana Rp 347 miliar untuk bagi-bagi rice cooker gratis.

Melihat Menteri ESDM anggarkan dana Rp 347 miliar demi bagi-bagi rice cooker gratis, Susi Pudjiastuti langsung turun gunung.

Susi Pudjiastuti bahkan tak segan beri sindiran nyelekit pada Menteri ESDM yang anggarkan dana Rp 347 miliar demi bagi-bagi rice cooker gratis.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bakal membagikan rice cooker gratis kepada masyarakat.Rencananya, ada 500.000 unit rice cooker yang dibagikan pada tahun ini.Melansir dari Kompas.com, Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, pengadaan rice cooker untuk program ini akan berasal dari perusahaan dalam negeri."Semaksimal mungkin (TKDN-nya). Pokoknya (produk) nasional kita," ujarnya saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (13/10/2023).Arifin Tasrif juga sempat menyinggung merk Maspion ketika membahas perusahaan-perusahaan nasional yang bisa memproduksi rice cooker.

"Kan yang tukang bikin itu (alat masak berbasis listrik) kan banyak. Coba lihat, mesin-mesin kompor itu kan, ada Maspion, terus siapa lagi itu kan, pokoknya nasional," sambungnya.

Menteri ESDM optimis penyaluran rice cooker gratis ke masyarakat bisa dilakukan di sisa tahun ini yang kurang dari 3 bulan lagi.Meski begitu, Arifin enggan menyebut waktu pasti program itu terealisasi.

Baca Juga: GANTENGNYA Cucu Kesayangan Susi Pudjiastuti, Lihat Gaya Armand Hilmansyah saat Naik Kapal Perang Bareng Sang Nenek, Wajahnya Bikin Salfok

"Kita memang tinggal menyelesaikan saja, cuma kan kita lihat nanti governance-nya bagaimana untuk penyampaianya," ungkap Arifin.

Ternyata pembagian rice cooker gratis untuk masyarakat itu anggarkan dana Rp 347 miliar.

Meski habiskan anggarkan dana fantastis, Arifin Tasrif mengungkapkan bahwa program ini bukanlah kebijakan yang mubazir.

Sebab program ini untuk mendorong penggunaan energi bersih dan menekan impor elpiji.Ia mengungkapkan saat ini sebanyak 60 juta rumah tangga di Indonesia masih menggunakan elpiji bersubsidi.