Find Us On Social Media :

Banyak Manfaat! Pentingnya Literasi Kesehatan Anak Sejak Dini untuk Menyongsong Masa Depan

By Dianita Anggraeni, Rabu, 25 Oktober 2023 | 10:58 WIB

Literasi kesehatan anak dipupuk sejak dini.

Grid.ID - Kesehatan adalah aset berharga dalam kehidupan kita, dan memahami serta menerapkan literasi kesehatan menjadi semakin penting, terutama bagi anak-anak.

Literasi kesehatan adalah kunci yang mengembangkan pemahaman tentang tubuh, makanan, kebugaran, dan keputusan yang sehat.

Dalam dunia yang semakin kompleks dan berubah dengan cepat, mengajarkan literasi kesehatan pada anak-anak adalah investasi dalam masa depan mereka yang sehat dan berdaya tahan.

Baca Juga: Super Model Paula Verhoeven Balik Melenggang di Runway Jakarta Fashion Week, Mama Pau Banjir Pujian!

Saat ini betapa krusialnya literasi kesehatan untuk anak-anak.

Pengembangan literasi bagi anak-anak di usia dini menjadi hal yang harus diperhatikan untuk mengoptimalisasi pengembangan kecerdasan dan kompetensi, seperti kemampuan berpikir kritis dan analisis.

Di usia dini anak-anak cenderung akan lebih mudah memahami apa yang dipelajarinya, selain itu pengetahuan terkait kesehatan juga harus diajarkan sedini mungkin agar anak-anak paham pentingnya arti kesehatan bagi dirinya.

Literasi kesehatan pada anak dilaksanakan dalam bentuk kegiatan pembelajaran, poster edukasi yang dipasang di area sekitar sekolah, membawa bekal sehat dari rumah, dan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan dan sebelum beraktivitas lainnya.

Baca Juga: Harus Sama-sama Arab, Fadil Jaidi Tanggapi Kriteria Calon Pasangan yang Akan Dapat Restu dari Pak Muh

Membangun taman baca anak di berbagai kota di Indonesia sangat bermanfaat.

Taman Baca Jendela Dunia diharapkan dapat memberikan akses bagi anak-anak kurang beruntung dan terancam putus sekolah terhadap fasilitas pendidikan dengan lebih mudah dan menyenangkan.

Melalui berbagai program pemberdayaan dan peningkatan literasi, anak-anak dilatih kembali memiliki semangat dan mimpi yang lebih tinggi untuk memperbaiki kualitas dan taraf kehidupan dirinya serta keluarganya.