Find Us On Social Media :

Shopee 11.11 Big Sale Bantu Brand dan UMKM Lokal Tingkatkan Transaksi Ekspor hingga 4 Kali Lipat!

By Sheila Respati, Rabu, 15 November 2023 | 08:00 WIB

E-commerce menjadi salah satu pendongkrak pertumbuhan bisnis di Indonesia.

Grid.ID -- Program promo yang diselenggarakan oleh platform e-commerce telah berhasil membantu peningkatan usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan brand lokal. Salah satunya, Shopee 11.11 Big Sale yang puncaknya berlangsung pada Sabtu (11/11/2023). 

Selama kampanye tersebut berlangsung, UMKM dan brand lokal tidak hanya dapat meningkatkan jumlah pesanan di dalam negeri, tetapi juga pesanan ekspor. Tercatat, selama kampanye Shopee 11.11 Big Sale, pesanan ekspor meningkat empat kali lipat. Sementara itu, transaksi penjualan meningkat tujuh kali lipat. 

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan, peningkatan tersebut tak lepas dari program inovatif Shopee Ekspor. Melalui program tersebut, UMKM dan brand lokal lebih mudah untuk meluaskan sayap bisnis, memperkuat strateginya, serta memperoleh peluang go internasional

Pada program tersebut, Shopee membentuk program Kampus UMKM dan Kampus UMKM Shopee Ekspor. Melalui dua program tersebut, Shopee membimbing dan melatih brand serta UMKM lokal untuk memperoleh pengetahuan tren pasar internasional, menyesuaikan produk dengan kebutuhan konsumen global, serta mengoptimalkan penggunaan platform e-commerce Shopee. 

"Program tersebut dapat membuat brand dan UMKM lokal semakin maju. Peningkatan transaksi penjualan hingga tujuh kali lipat dan peningkatan transaksi ekspor selama Kampanye Shopee 11.11 Big Sale menunjukkan bahwa keduanya berhasil meningkatkan bisnis sehingga lebih kokoh," ujar Monica. 

Ia mengatakan selama kampanye 11.11 di Shopee, beberapa kategori menjadi primadona di mata konsumen. Kategori-kategori tersebut adalah Kecantikan, Fashion, dan Gaya Hidup. Promo dan penawaran yang menarik serta kelengkapan ketersediaan produk yang diberikan sepanjang kampanye membuat banyak konsumen melakukan pembelian pada kategori tersebut.

Salah satu brand lokal di kategori Kecantikan, Fashion, dan Gaya Hidup yang merasakan hal tersebut adalah Benang Jarum. Selama kampanye berlangsung, Benang Jarum mencatatkan peningkatan transaksi hingga lebih dari 93 kali lipat dibanding hari-hari biasa.

Co-Founder Benang Jarum Allyssa Hawadi bercerita, sejak bergabung dengan Shopee pada 2020, Benang Jarum selalu memanfaatkan kampanye belanja dari platform e-commerce tersebut.

Kampanye dan program-program Shopee dinilai efektif meningkatkan penjualan. Karena itu, Allyssa menilai brand-nya pun secara tidak langsung bertumbuh bersama Shopee. Ia pun melihat komunitas pengguna Shopee yang suportif terhadap pelaku bisnis lokal. 

 “Sebagai pelaku usaha di bidang fesyen, kolaborasi dengan Shopee tidak hanya membuka kesempatan bagi pertumbuhan bisnis kami hingga saat ini, tetapi juga menciptakan peluang berkelanjutan sehingga brand lokal semakin diakui dan dikenal masyarakat luas," jelas Allyssa. 

Ia berharap, Shopee akan selalu menghadirkan inovasi untuk mendukung kami mencapai kesuksesan bersama.

Selain Benang Jarum, peningkatan omzet juga dirasakan NAMA Beauty. Brand kecantikan ini mampu mencatatkan peningkatan penjualan hingga lebih dari 64 kali lipat selama kampanye 11.11 Big Sale.