Find Us On Social Media :

Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas Meresmikan Gedung PKBM Sarbini dan Memulai Pembangunan Proyek Penyedia Air Bersih bagi Warga Terdampak Gempa Cianjur

By Grid., Minggu, 19 November 2023 | 16:10 WIB

Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (YDKK) berpartisipasi dalam pembangunan kembali gedung Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat atau PKBM Yayasan Sarbini yang mengalami kerusakan akibat gempa yang melanda di Cianjur, Jawa Barat pada November tahun 2022 lalu.

Grid.ID - Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (YDKK) berpartisipasi dalam pembangunan kembali gedung Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat atau PKBM Yayasan Sarbini ​​yang mengalami kerusakan akibat gempa yang melanda di Cianjur, Jawa Barat pada November tahun 2022 lalu.

PKBM Sarbini di Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, diresmikan pada Jumat (17/11/2023) pagi.

Bangunan tersebut merupakan sumbangan dari pembaca harian Kompas dan Kompas.id melalui Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas atau DKK.

Serahterima bangunan PKBM Yayasan Sarbini secara simbolis ditandai dengan penandatanganan prasasti, serah terima kesepakatan dan pengguntingan pita sebagai tanda diresmikannya gedung PKBM Yayasan Sarbini Cugenang yang berlokasi di Desa Sukamanah Kec.

Cugenang, Cianjur, Jawa Barat oleh PJ. Gubernur Jawa Barat Bey Triyadi Machmudin, Pemimpin Redaksi Harian Kompas Sutta Dharmasaputra, dan Bupati Cianjur Provisi Jawa Barat Herman Suherman.

Juga disaksikan oleh Ketua Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas Gesit Ariyanto, Pembina Yayasan PKBM Sarbini Indra Surya Pradana, Ketua Yayasan PKBM Ema Hermawati, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cianjur Ruhli Solehudin.

Dalam sambutannya, Bey mengatakan, pendidikan dan kesehatan merupakan pilar utama dalam menentukan kemajuan bangsa.

"Negara yang maju saat ini adalah negara yang cepat responsif terhadap perkembangan dunia, dan itu tentunya harus ditopang oleh pendidikan,” katanya.

Bey mengapresiasi pembangunan PKBM tersebut. Atas semangat gotong royong itu ia mengucapkan terima kasih kepada para pembaca harian Kompas dan Kompas.id yang dengan ikhlas telah memberikan sumbangsih melalui Yayasan DKK.

Pembangunan gedung PKBM Yayasan Sarbini Cugenang ini dimulai pada tanggal 20 Juni 2023 dan berhasil rampung pada tanggal 17 November 2023, dengan waktu pelaksanaan selama 5 bulan atau 150 hari.

Pemimpin Redaksi Harian Kompas Sutta Dharmasaputra mengatakan, “Kami melakukan tanggap darurat sekitar 300 juta rupiah, kemudian kami merenovasi untuk puskesmas Kecamatan Pacet nilainya sekitar 800 juta rupiah, pembangunan PKBM Sarbini senilai 1.9 miliar rupiah.”

Baca Juga: Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas dan Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur Serah Terima Gedung Puskesmas Pacet