Find Us On Social Media :

Shopee 12.12 Birthday Sale Catat Kenaikan Transaksi untuk Produk Brand Lokal dan UMKM

By Sheila Respati, Kamis, 14 Desember 2023 | 15:29 WIB

Ilustrasi belanja online di e-commerce.

Grid.ID  - Merayakan ulang tahun ke-8, Shopee kembali menggelar kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale pada Desember 2023. 

Lewat kampanye ini, Shopee membawa sejumlah promo spesial, mulai dari Gajian Sale, Super Beauty Day, Bonus Akhir Tahun 12 M Day, Fashion Day, dan Shopee Video Day. 

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan, kampanye Shopee12.12 Birthday Sale merupakan bentuk apresiasi Shopee kepada konsumen maupun para seller, khususnya pemilik brand lokal dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). 

“Tidak hanya merayakan perayan pertambahan usia, momen spesial ini juga kami optimalkan untuk tahunnya dapat senantiasa memberikan lebih banyak manfaat terhadap masing-masing ekosistem,” ungkap Monica.

Pada hari puncak kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale yang digelar Selasa (12/12/2023), Shopee mencatat bahwa produk UMKM dan brand lokal berhasil meraih penjualan hingga 10 kali lipat dibandingkan hari biasa.

“Pencapaian ini menunjukan bahwa Shopee telah berhasil menjadi medium bagi para pelaku usaha untuk menjangkau konsumen mereka,” ungkap Monica.

Keberhasilan tersebut juga diakui Monica tak lepas dari peran kampanye hari tematik, seperti Gajian Sale, Super Beauty Day, Bonus Akhir Tahun 12 M Day, Fashion Day, dan Shopee Video Day.

“Berkat kampanye hari tematik, penjualan produk fesyen lokal meningkat hingga enam kali lipat dan kategori kecantikan meningkat lebih dari delapan kali lipat pada puncak kampanye,” terang Monica. 

Baca Juga: TV Show Shopee 12.12 Birthday Sale Bareng JKT48 dan Deretan Musisi Kondang Berlangsung Meriah!

Berdasarkan pantauan tim Shopee, produk fesyen lokal yang banyak dibeli konsumen adalah celana jeans, jam tangan, dan kemeja. Sementara produk kencantikan lokal yang banyak dibeli adalah parfum, lip cream, dan moisturizer.

Selanjutnya, produk hampers dan set hadiah Natal juga banyak diburu konsumen pada puncak acara Shopee 12.12 Birthday Sale. 

Kebiasaan masyarakat dalam berbagi hampers natal dan tahun baru pun didukung oleh para brand lokal dan UMKM. Oleh sebab itu, kartu ucapan dan kertas kado juga banyak diburu pada kampanye 12.12 kali ini,” jelas Monica.