Find Us On Social Media :

Fitur Shopee Live dan Shopee Video Jadi Favorit Pengguna dan Penjual di Shopee 12.12 Birthday Sale

By Yussy Maulia, Sabtu, 16 Desember 2023 | 08:00 WIB

Ilustrasi perempuan memainkan ponsel

Grid.ID -- Perilaku konsumen dalam berbelanja online berubah dari tahun ke tahun seiring dengan perkembangan fitur dan teknologi yang ditawarkan platform e-commerce

Tahun ini, berbelanja melalui fitur live streaming, yang biasa disebut live shopping, menjadi tren di kalangan konsumen e-commerce. Tren ini didorong oleh pengalaman menghibur dan interaktif saat live shopping

Melalui live shopping, konsumen dapat berinteraksi langsung dengan brand atau merchant UMKM favoritnya saat berbelanja. Inovasi live shopping menciptakan pengalaman layaknya berbelanja langsung di toko, tetapi melalui platform online

Konsumen dapat bertanya mengenai produk yang akan dibeli dan memperoleh jawaban langsung. Tak jarang brand atau merchant UMKM memberikan gimmick yang membuat sesi belanja menjadi lebih seru. Tak hanya itu, promo-promo yang ditebar melalui fitur live shopping juga menguntungkan. 

Tren kedua adalah meningkatnya keputusan berbelanja yang didorong oleh konten video dengan visual interaktif dan informatif di platform e-commerce. Saat ini, tak jarang brand dan merchant UMKM mengunggah video testimoni hingga iklan yang menarik mengenai produknya. 

Baca Juga: Masih Jadi Favorit, Transaksi Brand Lokal dan UMKM di Kategori Fashion Naik 6 Kali Lipat dan Beauty 8 Kali Lipat di Shopee 12.12 Birthday Sale

Peningkatan dua tren tersebut tecermin pada festival belanja akhir tahun yang digelar Shopee Indonesia, yakni Shopee 12.12 Birthday Sale. Pada momen tersebut terjadi lonjakan antusiasme pengguna Shopee untuk memanfaatkan fitur Shopee Live dan Shopee Video. 

Euforia belanja akhir tahun semakin meningkat berkat adanya Shopee Live dan Shopee Video. Menurut catatan Shopee Indonesia, transaksi pembelian melalui Shopee Video meningkat sebanyak 45 kali lipat dibanding hari biasa. 

Sementara itu, transaksi pembelian melalui Shopee Live meningkat 49 kali lipat pada puncak Shopee 12.12 Birthday Sale, Selasa (12/12/2023). 

Shopee Live dan Shopee Video menjadi peluang bagi brand lokal dan merchant UMKM untuk meningkatkan penjualannya melalui konten kreatif serta inovatif. Buktinya, Shopee juga mencatat Shopee Video dan Shopee Live pada momen 12.12 berhasil peningkatan transaksi pembelian produk lokal hingga 10 kali lipat dibandingkan hari biasa. 

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan bahwa Shopee Live dan Shopee Video memang dijadikan bagian dari rangkaian semarak program perayaan ulang tahun ke-8 Shopee Indonesia.