Find Us On Social Media :

Punya Banyak Manfaat, Begini Cara Mengajari dan Memperkenalkan Jenis-jenis Profesi Kepada Anak

By Sheila Respati, Rabu, 20 Desember 2023 | 16:31 WIB

Contoh kegiatan belajar profesi untuk anak

Grid.ID  - Ada banyak cara yang bisa dilakukan ibu untuk menggali minat anak. Salah satunya, mengenalkan jenis profesi yang ditekuni orang dewasa.

Memperkenalkan jenis pekerjaan tidak hanya baik untuk membantu mereka dalam memilih profesi yang sesuai dengan minat dan bakat, tetapi juga membuat anak mengerti akan pekerjaan orangtuanya.

Tak hanya itu, mengenal jenis-jenis profesi juga membantu anak-anak untuk lebih menghargai orang-orang yang bekerja di berbagai bidang dan menciptakan rasa empati.

Anak-anak akan mampu memahami perjuangan dan usaha yang diperlukan dalam menjalankan berbagai profesi, sehingga mereka akan lebih menghargai tenaga dan waktu yang diberikan orang lain.

Sebagai rekomendasi, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan ibu untuk mengajari dan memperkenalkan jenis-jenis profesi kepada anak.

  1. Membaca Buku

Buku adalah salah satu sumber pengetahuan yang efektif untuk memperkenalkan jenis-jenis profesi kepada anak-anak. Berbagai buku anak yang berisi cerita dan ilustrasi mengenai profesi dapat membantu anak-anak memahami peran dan tanggung jawab dari masing-masing profesi.

  1. Bermain Peran

Melibatkan anak-anak dalam permainan peran yang berkaitan dengan profesi dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk mengajarkan tentang berbagai pekerjaan. Ibu bisa mengajak anak untuk berperan sebagai dokter, polisi, atau guru dengan menggunakan alat peraga yang sesuai.

  1. Ajak anak berkunjung ke tempat bekerja

Mengajak anak-anak mengunjungi tempat kerja orang tua atau keluarga juga bisa menjadi cara yang efektif untuk memperkenalkan berbagai profesi. Dengan melihat orang bekerja langsung, anak-anak akan lebih mudah memahami peran dan tanggung jawab dari profesi tersebut.

Sebagai pelengkap, ibu juga bisa mengajak anak untuk mengunjungi tempat bermain yang dirancang khusus untuk anak-anak bermain peran. Salah satunya, Kidzania. 

Di Kidzania anak-anak bisa mencoba berbagai profesi, mulai dari menjadi teller bank, pemadam kebakaran, dokter, hingga bagian pelayanan. Anak-anak juga bisa menjelajahi berbagai jenis profesi sesuai karakter dan minat mereka. 

Kabar baiknya, bagi pemegang Debit BRI dan Kartu Kredit BRI, ada diskon tiket masuk sampai dengan 30 persen.