Find Us On Social Media :

Persiapan Debat Capres Ketiga, KPU Sebut 11 Nama Panelis sampai Kesiapan Logistik Pemilu 2024

By Pradipta R, Minggu, 7 Januari 2024 | 14:35 WIB

Capres dan Cawapres Pemilu 2024

Grid.IDDebat Capres ketiga akan digelar pada 7 Januari 2024.

Menjelang debat capres yang ketiga untuk menyongsing Pemilu 2024, KPU menyampaikan beberapa informasi.

“KPU akan menyampaikan dua informasi penyelenggara pemilu, yang pertama adalah perkembangan tentang persiapan Debat Ketiga Calon Presiden untuk Pemilu 2024, kedua adalah perkembangan penyediaan logistik pemilu baik di dalam negeri maupun di luar negeri,” ungkap Ketua KPU Hasyim Asy’ari.

Debat ketiga ini akan dilaksanakan di Istora Senayan, Jakarta.

Anggota KPU August Mellaz menyampaikan 11 panelis dalam debat.

Antara lain Prof Angel Damayanti, Ph.D (Guru Besar Bidang Keamanan Internasional Fisipol Universitas Kristen Indonesia); Curie Maharani Savitri, Ph.D (Dosen Hubungan Internasional, ahli Kajian Industri Pertahanan dan Alih Teknologi Universitas Bina Nusantara); Prof Evi Fitriani, Ph.D, (Guru Besar Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia).

Prof Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D (Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia dan Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani); I Made Andi Arsana, S.T., M.E., Ph.D (Ahil Aspek Geospasial Hukum Laut Universitas Gadjah Mada); Dr. lan Montratama (Dosen Program Studi Hubungan Internasional Ahli Keamanan dan Pertahanan Universitas Pertamina); Irine Hiraswari Gayatri, Ph.D (Peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional); Dr. Kusnanto Anggoro (Pakar Keamanan Universitas Pertahanan); Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio (KSAL 2012-2014 dan Ketua Dewan Guru Besar Universitas Pertahanan); Philips J. Vermonte, Ph.D (Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Internasional Indonesia dan Senior Fellow CSIS); Prof. Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata, S.I.P. S.SI., M.T, M.SI. (Han) (Guru Besar Bidang Keamanan Global Universitas Padjadjaran).

“Moderator Ariyo Ardi Jurnalis Global tv, dan Anisha Dasuki jurnalis iNewstv. Sementara format alur kemudian durasi waktu tidak mengalami perubahan, debat akan diselenggarakan total 150 menit (120 menit debat, 30 menit iklan), dan terbagi menjadi 6 segmen,” tutur Mellaz.

Debat ketiga mengangkat tema Pertahanan, Keamanan, Internasional, Globalisasi, Geopolitik dan Politik Luar Negeri.

Adapun informasi lain terkait logistik pemilu 2024 disampaikan oleh anggota KPU Yulianto Sudrajat.

Baca Juga: Ketua KPU Sediakan BPJS Ketenagakerjaan untuk Petugas KPPS 2024

“Terkait logistik untuk pemilu di luar negeri, untuk pengiriman Tahap I sudah dilaksanakan mulai tanggal 2-25 Desember 2022, diprioritaskan untuk pengiriman surat suara untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Surat Suara untuk pemilu untuk DPR RI Dapil DKI Jakarta 2 ke 128 perwakilan negara sudah sebesar 100 persen terpenuhi di seluruh PPLN penjuru dunia."