Find Us On Social Media :

Ragam Siasat Menyimpan Uang untuk Dana Pendidikan Anak

By Content Marketing, Kamis, 15 Februari 2024 | 16:52 WIB

Ilustrasi menabung

Grid.ID – Biaya pendidikan anak seringkali membuat para orangtua harus memutar otak untuk menyiapkan dana yang dibutuhkan. Apalagi, Indonesia menjadi salah satu negara dengan biaya pendidikan yang cukup tinggi. 

Dilansir dari jurnal Kementerian Budaya Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), tingginya biaya pendidikan ini dipengaruhi oleh kenaikan harga sandang dan pangan, perubahan gaji guru, meningkatnya standar pendidikan, hingga berkurangnya jumlah anak yang duduk di bangku sekolah.

Kenaikan biaya sekolah juga ikut dipengaruhi oleh kenaikan biaya sekolah swasta. Hasilnya, laman Tribun News menyebut, banyak orangtua memilih untuk mencari sekolah dengan harga yang lebih terjangkau, dengan kuota terbatas.

Agar kondisi ini tidak membebani keuangan jangka panjang, orangtua bisa melakukan sejumlah siasat untuk menyimpan uang. Salah satunya, dengan memanfaatkan empat instrumen berikut.

  1. Menabung emas

Emas merupakan salah satu instrumen investasi yang nilainya relatif stabil dan cenderung mengalami kenaikan dari waktu ke waktu.

Selain tidak terpengaruh oleh inflasi atau fluktuasi nilai mata uang, menabung emas juga memiliki keuntungan dalam hal likuiditas. Emas bisa lebih mudah diuangkan dengan cara dijual ketika diperlukan.

 Baca Juga: Rayakan Pesta Demokrasi 2024, BRI Gelar Promo Diskon dan Harga Spesial Pemilu di 3 Merchant Ini  

  1. Investasi reksadana

Investasi reksadana menjadi salah satu pilihan yang menguntungkan untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak.  

Melalui investasi ini, dana yang pendidikan bisa diinvestasikan ke dalam  saham, obligasi, atau instrumen keuangan lainnya dengan risiko kerugian yang lebih rendah.

Ketika investasi ini disimpan dalam jangka panjang, dana yang disimpan juga akan terus bertumbuh, sehingga dapat memberikan lebih banyak manfaat untuk pendidikan anak. 

Selain itu, investasi reksadana juga bisa dijual dengan mudah, sehingga orangtua bisa mencairkan keuntungan tersebut kapan saja.  

  1. Deposito

Bagi orangtua yang belum familiar dengan instrumen investasi, menyimpan uang di platform deposito juga bisa menjadi solusi menjaga aset yang dimiliki.