Find Us On Social Media :

Quality Time Bareng Anak di Kidzania dengan Promo BRI

By Content Marketing, Selasa, 20 Februari 2024 | 14:55 WIB

Ilustrasi quality time bersama anak

 

Grid.ID - Oleh karena kesibukan, hubungan antara orangtua dan anak bisa jadi tidak kuat. Hal ini disebabkan oleh kurangnya interaksi antara orangtua dan anak. 

Meski akhir pekan tiba, tak jarang orangtua sibuk sendiri dan sudah lelah untuk menjalin interaksi dengan anak.  

Orangtua mungkin sibuk dengan pekerjaan rumah atau aktivitas lain, sedangkan anak terkadang lebih tertarik pada perangkat elektronik atau kegiatan lain yang dilakukan sendiri. 

Padahal, meluangkan waktu untuk quality time bersama anak hanya bermanfaat bagi buah hati, tetapi juga untuk orangtua. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut empat manfaat quality time untuk keluarga.

  1. Mencegah masalah emosional

Menurut studi yang dilakukan oleh University of Iowa, quality time antara orangtua dan anak dapat membantu menekan risiko timbulnya masalah emosional dan perilaku di masa kecil.

Kebiasaan baik ini juga membuat anak tidak memiliki masalah perilaku ketika mereka menginjak usia sekolah. 

Menginjak usia dewasa, anak yang memiliki bonding erat dengan orangtua juga lebih kecil mengalami masalah kecemasan, kesedihan, hingga masalah mental lainnya.

  1. Membuat hidup lebih sehat

Selain memperbaiki masalah emosional, quality time teratur juga dapat membantu anak untuk terbiasa menjalani hidup sehat, mulai dari makan teratur, berolahraga, hingga tidur tepat waktu.

Dikutip dari laman News in Health, quality time juga bisa membuat anak merasa lebih dicintai dan dihargai, serta merasa lebih bahagia.

  1. Meningkatkan kecerdasan

Masih dikutip dari laman News in Health, apabila agenda ini diisi dengan kegiatan edukatif, quality time juga bisa meningkatkan kecerdasan anak.

Sebagai rekomendasi, orangtua bisa mengajak anak untuk belajar mengenal huruf, tumbuhan, atau hewan.

Jika anak telah menginjak usia sekolah, orangtua bisa ikut mendampingi anak ketika sedang mengerjakan pekerjaan rumah (PR).