Find Us On Social Media :

Lemari Pakaian Mulai Kepenuhan, Ini 5 Cara untuk Merapikannya!

By Sheila Respati, Rabu, 21 Februari 2024 | 20:47 WIB

Cara merapikan lemari pakaian.

Grid.ID – Kesulitan mencari baju karena lemari pakaian terlalu penuh merupakan hal yang tentunya sering kamu alami. Terlebih, apabila kamu hobi membeli barang-barang fesyen. Tidak hanya baju baru, tetapi juga sepatu, tas, dan aksesori.

Selain sulit mencari baju, penuhnya lemari pakaian juga membuat kamu lebih tidak efisien waktu saat ingin memilih outfit untuk ke kantor atau ke kampus. Secara estetika, lemari yang terlalu penuh juga tidak enak dipandang. Nah, untuk merapikannya, berikut 5 cara yang bisa kamu coba!

1. Keluarkan terlebih dulu seluruh isi lemari

Langkah ini penting untuk dilakukan sebagai permulaan dalam merapikan isi lemari. Dengan mengeluarkan seluruh isi lemari, kamu akan memperoleh gambaran yang jelas tentang seberapa banyak pakaian dan fashion item yang tersimpan di dalamnya. Kamu juga dapat melihat mana pakaian dan fashion item yang masih bisa dipakai dan yang sudah usang atau tidak lagi sesuai tren.

2. Pisahkan pakaian yang tidak dipakai lagi

Setelah semua isi lemari dikeluarkan, pisahkan mana yang sudah tidak kamu gunakan lagi. Pilih baju dan fashion item yang sudah usang, tidak lagi muat, atau tidak sesuai dengan gaya pribadi saat ini. Nantinya, pakaian dan fashion item tersebut dapat kamu sumbangkan atau buang agar tidak memenuhi lemari.

3. Pilah pakaian dan fashion item berdasarkan frekuensi penggunaan

Tahap selanjutnya adalah memilah pakaian dan fashion item berdasarkan frekuensi penggunaan. Pakaian dan fashion item yang sering kamu pakai sebaiknya disimpan di bagian lemari yang mudah dijangkau dan terlihat. Sementara itu, pakaian dan fashion item yang jarang digunakan sebaiknya disimpan pada bagian belakang. Ini akan membuat proses pemilihan pakaian sehari-hari menjadi lebih efisien.

Baca Juga: Memperjuangkan Gerakan Sustainable Fashion di Jakarta dengan Bertukar Pakaian, Jadi Alternatif Baru untuk Berbelanja Pakaian

4. Masukkan pakaian yang bisa digulung ke dalam laci

Agar lemari terlihat lebih rapi, simpan pakaian dalam, celana pendek, kaus, dan baju tidur di dalam laci pakaian.  Simpan dengan cara digulung, jangan ditumpuk. Cara penyimpanan seperti ini tidak hanya membuat isi lemari lebih terorganisasi, tetapi juga memudahkan kamu dalam menemukan dan mengambil item-item kecil tanpa harus membuat tumpukan pakaian berantakan.

5. Gantung pakaian yang panjang