Find Us On Social Media :

5 Amalan yang Pahalanya Berlipat Ganda di Bulan Ramadan, Bisa Dilakukan di Rumah!

By Ulfa Lutfia Hidayati, Rabu, 13 Maret 2024 | 09:45 WIB

ilustrasi membaca Al-Quran di bulan ramadan

Grid.ID - Bulan ramadan adalah bulan yang penuh rahmat bagi umat Islam.

Jadi bulan ramadan ini menjadi momen yang pas untuk menabung pahala dengan lebih sering melakukan amalan yang dianjurkan Rasulullah SAW.

Sebab beberapa amalan yang dilakukan di bulan ramadan pahalanya akan berlipat ganda.

Berikut beberapa amalan harus diperbanyak selama bulan Ramadan!

1. Berpuasa

Puasa di bulan Ramadan hukumnya wajib bagi umat muslim.

Hukum puasa Ramadan ini telah tertuang dalam QS Al-Baqarah ayat 183-185.

"Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa," (QS: Al-Baqarah 183).

"Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil). Oleh karena itu, siapa di antara kamu hadir (di tempat tinggalnya atau bukan musafir) pada bulan itu, berpuasalah. Siapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya) sebanyak hari (yang ditinggalkannya) pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu agar kamu bersyukur," (QS: Al-Baqarah 185).

Baca Juga: Siap Ramaikan Ramadan 2024, Lesti Kejora dan Rizky Billar Debut Main Sinetron Bareng

Dilansir dari laman Muhammadiyah, pahala puasa akan dilipatgandatkan oleh Allah tanpa adanya batas, apabila dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan ikhlas.

Hal itu karena di dalam puasa terdapat unsur perjuangan yang berat, yakni mengendalikan diri dari segala godaan dan syahwat.