Find Us On Social Media :

5 Tips Persiapan Mudik Lebaran 2024 Bareng Balita Agar Aman dan Nyaman, Mama Muda Wajib Tahu!

By Nindya Galuh Aprillia, Kamis, 4 April 2024 | 04:15 WIB

Ilustrasi persiapan mudik bareng anak balita

Grid.ID - Bulan puasa Ramadan 2024 sudah hampir di penghujung.

Artinya umat muslim di seluruh dunia akan segera merayakan Lebaran 2024 atau Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Jelang hari Lebaran, masyarakat Indonesia memiliki satu tradisi unik yang selalu menarik tiap tahunnya, yakni mudik ke kampung halaman.

Menurut kemeterian Perhubungan RI (Kemenhub) puncak arus mudik lebaran 2024 akan dimulai pada 6 April hingga 8 April 2024.

Melansir Tribunnews.com, survei Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub memprediksi ada 167,2 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik pada H-7 hingga H+7 Lebaran 2024.

Sebagai tambahan informasi, potensi pergerakan mudik pada Lebaran tahun ini mengalami peningkatan jika dibandingkan pada 2022 dan 2023.

Nah, bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan mudik bareng keluarga, termasuk balita, ada baiknya untuk mempersiapkan berbagai hal.

Karena perubahan pola hidup selama perjalanan mudik sangat mempengaruhi kondisi anak.

“Ketika bawa anak mudik maka harus antisipasi ketiga risiko seperti penyakit infeksi, kelelahan, dan perubahan lingkungan terkait udara atau pola makanan yang berbeda dengan sebelumnya yang bisa memengaruhi masalah kesehatan,” kata dokter spesialis anak subspesialis respirologi Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo dr. Nastiti Kaswandani, Sp.A(K) seperti dikutip dari Kompas.com.

Berikut Grid.ID bagikan 5 tips persiapan mudik Lebaran 2024 dengan balita agar aman dan nyaman dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: Info Mudik: Cek Daftar Tarif Tol Trans Jawa Jelang Lebaran 2024 untuk Golongan I, Lengkap dengan Link CCTV Lalu Lintas

1. Pemeriksaan Kesehatan