Find Us On Social Media :

Penggemar Bola Siap-siap, Shopee Cup Asean Club Championship 2024-2025 Bakal Hadir!

By Yussy Maulia, Jumat, 5 April 2024 | 15:00 WIB

Ilustrasi permainan sepak bola.

Grid.ID – Ada kabar baik untuk penggemar bola di seluruh Tanah Air dan Asia Tenggara. Belum lama ini, Federasi Sepak Bola Asia Tenggara atau ASEAN (AFF) mengumumkan bahwa Shopee menjadi mitra resmi dalam penyelenggaraan kompetisi antarklub sepak bola di negara-negara ASEAN.

Lewat kerja sama itu, AFF dan Shopee akan menggelar kejuaraan sepak bola bertajuk “Shopee Cup Asean Club Championship 2024-2025” mulai 17 Juli 2024 hingga 21 Mei 2025.

Presiden AFF Mayor Jenderal Khiev Sameth mengatakan, kehadiran Shopee Cup menjadi momen bersejarah dalam dunia persepakbolaan ASEAN.

“Shopee Cup akan menjadi aspek penting dalam menciptakan masa depan yang menarik bagi klub sepak bola ASEAN dan mentransformasi permainan di wilayah ini. Turnamen ini akan memupuk aspirasi bagi klub-klub ternama untuk menjadi juara ASEAN dan tampil sukses di Asia,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (5/4/2024).

Lebih lanjut Khiev mengatakan, kerja sama AFF dan Shopee diharapkan dapat memajukan dan mengembangkan klub sepak bola di Asia Tenggara, sehingga bisa bersaing di kancah internasional.

“Sebagai perwakilan dari Dewan AFF, saya ingin menyampaikan apresiasi kami atas kemitraan dan dukungan yang diberikan oleh Shopee. Kami berharap dapat bekerja sama dengan Shopee serta mitra komersial, SPORTFIVE, untuk menyelenggarakan acara kelas dunia dan mengembangkan fan base ASEAN ke level yang lebih tinggi,” sambungnya.

Sebagai informasi, Shopee Cup akan diselenggarakan dalam format liga dengan babak kualifikasi play-off dan fase grup yang menampilkan 12 klub terkemuka di ASEAN. Klub-klub sepak bola tersebut akan berkompetisi dengan sistem tandang dan kandang untuk merebutkan gelar juara.

Turnamen ini akan dihadiri oleh Juara Liga Nasional dan pemenang Cup—atau runner-up dalam situasi tertentu—dari Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam (perwakilan dua tim dari setiap negara), serta Filipina dan Singapura (perwakilan satu tim dari setiap negara).

Sementara itu, juara Liga Nasional Brunei, Kamboja, Laos, dan Myanmar akan bersaing memperebutkan dua tempat di Fase Grup saat babak kualifikasi play-off.

Nantinya, 12 klub sepak bola yang memenuhi syarat akan diundi untuk masuk ke dua grup. Babak penyisihan grup itu akan dimainkan dengan sistem kandang dan tandang. Setelah itu, juara dan runner-up grup akan lanjut ke pertandingan semifinal.

Untuk diketahui, undian Shopee Cup akan dilaksanakan pada minggu pertama bulan Mei 2024. Kamu bisa mengetahui jadwal pertandingan dan detail lainnya usai undian berakhir.