Find Us On Social Media :

Shopee Cup Asean Cup Championship Pertemukan Klub-klub Sepak Bola Terbaik se-Asia Tenggara

By Sheila Respati, Jumat, 5 April 2024 | 16:00 WIB

Jalin kerja sama, Shopee dan IFF Luncurkan Kompetisi Sepak Bola Shopee Cup

Grid.ID – Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) baru saja mengumumkan bahwa Piala AFF akan kembali bergulir dengan nama baru, yakni ASEAN Club Championship. Berita ini mengobarkan kembali semangat pencinta sepak bola yang sudah menantikan aksi klub-klub sepak bola Asia Tenggara.

Para pencinta sepak bola akan disuguhkan 40 pertandingan dengan permainan terbaik, adu taktik, dan adu skill tingkat tinggi dari klub-klub terbaik di Asia Tenggara.

AFF pun mengumumkan bahwa pada pelaksanaan turnamen yang akan berlangsung 2024 hingga 2025 tersebut akan disponsori oleh raksasa e-commerce, Shopee. Oleh karena itu, turnamen tersebut akan bergulir dengan nama Shopee Cup Asean Club Championship atau Shopee Cup™.

Kolabrasi tersebut merupakan hasil kemitraan antara Shopee, AFF, dan mitra komersial eksklusif SPORTFIVE. Shopee Cup™ akan berlangsung pada 17 Juli 2024 hingga 21 Mei 2025. Tanggal pelaksanaan tersebut seiring dengan keinginan AFF untuk menyesuaikan jadwal turnamen dengan kalender kompetisi sepak bola Eropa.

Turnamen ini akan dimainkan dalam format liga dengan babak kualifikasi play-offs dan fase grup, sebanyak 14 klub terbaik di ASEAN, akan berkompetisi memperebutkan gelar juara Shopee Cup™.

Diumumkan pula, runner up Liga 1 Indonesia musim lalu, PSM Makassar dan Persija Jakarta, menjadi perwakilan klub dari Indonesia untuk bertanding di Shopee Cup™.

Presiden AFF Mayor Jenderal Khiev Sameth mengatakan bahwa diselenggarakannya Shopee Cup TM akan menjadi momen bersejarah bagi sepak bola di Asean. Transformasi permainan sepak bola di regional Asia Tenggara akan terjadi. Masing-masing klub pun akan termotivasi untuk menjadi juara di Asean.

“Kami bangga bisa bekerja sama dengan Shopee, perusahaan Asean yang dikenal secara global dan menjadi mitra utama Asean Club Championship yang pertama. Bersama-sama, kami akan membuat sejarah dan mendorong perkembangan klub sepak bola Asean,” ujar Sameth.

Sementara itu, Chief Commercial Officer (COO) Shopee Zhou Jun-jie menyampaikan rasa senang karena Shopee bisa menjadi sponsor utama turnamen sepak bola terbesar di Asia Tenggara.

Bicara mengenai kecintaan terhadap sepak bola, Asia Tenggara yang merupakan wilayah operasional Shopee memiliki supporter sepak bola terbaik di Asia, bahkan dunia. Berbagai turnamen antarnegara dan liga di negara anggota AFF, menjadi barometer utama industri sepak bola di banyak negara.

“Ajang ini adalah kesempatan bagi Shopee untuk dapat terhubung dengan para penggemar sepak bola di Asia Tenggara. Kami juga bisa berinteraksi lebih dekat dengan generasi muda pencinta sepak bola. Harapannya, jangkauan Shopee lebih luas, kami bisa menghibur dan memberi pengalaman terbaik bagi konsumen,” ujar Zhou.